Dari Catatan Harian ke Puisi

Abdul Rozak

Sari


Penelitian ini fokus pada proses menulis puisi siswa sebagai responden berdasarkan catatan harian. Cara ini digunakan sebagai usaha memudahkan para siswa menulis puisi yang menurut guru, siswa sulit menulis puisi. Catatan harian digunakan karena para siswa terbiasa menyatakan ungkapannya secara mandiri pada catatan harian. Data penelitian ini adalah catatan harian dan puisi. Data itu untuk menemukan jawaban(1) keragaman topik catatan harian, (2) hubungan antara catatan harian dan puisi, dan (3) kemampuan menulis puisi para responden. Berdasarkan analisis diperoleh hasil (1) topik yang terdapat pada catatan harian adalah ibu, kekasih, dan liburan/karya wisata, (2) catatan harian merupakan bahan yang digunakan siswa untuk menulis puisi, dan (3) siswa telah menunjukkan cara menulis puisi dengan gagasan yang dinyatakan dalam bentuk puisi dan makna keseluruhan terdapat pada puisi yang ditulisnya. Peneltian ini menyampaikan beberapa rekomendasi. Pertama, catatan harian sebagai media dapat dikembangkan dalam proses pembelajaran penyampaian gagasan. Kedua,  para responden menulis puisi dapat diawali dengan mengumpukan gagasan melalui  berbagai cara, di samping diawali dengan menulis catatan harian.  Ketiga, Anak-anak tidak asing lagi dengan penerapan teknologi. Kemampuan menulis puisi dapat diperoleh dengan pelatihan yang bertahap dan bersinambungan. Keempat, penelitian ini dapat dilanjutkan dengan mengembangkan hubungan catatan harian dengan menulis cerpen.

 

Kata kunci: catatan harian, puisi, alih gagasan, bentuk puisi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aminuddin. 2009. Kreatif Membuat Ragam Tulisan. Bandung: Puri Pustaka. deiksis2017

Aminuddin. 2011. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru

Angkasa.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Cirebon: Unswagati

Jacko, J. M. B.A., B.S., M.E.T. (20014). The teaching of Children’s poetry: an Exploration of Instructional Practices in University Courses of Children’s Literature, English, Language Arts, and Reading Education, Dissertation University of North Texas December 2004.

Komaidi, D. 2008. Aku Bisa Menulis. Yogyakarta: Sabda Media Nuansa.

Nurgiyantoro,B. 2005. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Rineka Cipta.

Rozak, A. 2011. Konstruksi Respons Pembaca terhadap Teks Naratif.

Semi, A. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Semi, A. 2008. Terampil Membuat Buku Harian dan Surat Pribadi. Bandung:

Semi, A. 2009. Kreatif Membuat Ragam Tulisan. Bandung: Puri Pustaka.

Soni, M. 2012. Apresiasi dan Proses Kreatif Menulis Puisi. Bandung:

Sukino. 2010. Menulis itu Mudah. Yogyakarta: Pustaka Populer.

Whiteworth, J. (2006). Writing Poetry. London : A & C.B. Black. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/deiksis.v4i1.401

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Laman Deiksis: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Deiksis

Deiksis memiliki p-ISSN 2355-6633 dan e-ISSN 2548-5490

execute(); ?>