Analisis Penggunaan Variasi Register Berdasarkan Model Interaksi Speaking Dalam Media Sosial Youtube

Tutut Ayu Dwijayanti, Gigit Mujianto

Sari


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan Variasi Bahasa Register, (2) Mendeskripsikan Aspek Model Fungsional SPEAKING, (3) Mendeskripsikan Media Sosial Beserta Pengaruhnnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiolinguistik, adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis. Sumber data dalam penelitian ini adalah Media Sosial Youtube. Data dalam penelitian ini berupa kutipan kata, frasa, klausa atau kalimat dalam video Youtube. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Setelah data terkumpul dilakukan proses klasifikasi data kemudian dilakukan analisis. Proses analisis dilakukan secara bersamaan, seluruh korpus dikelompokkan menurut persamaan model fungsional dan variasi bahasa dalam media sosial Youtube. Dengan demikian, hasil penelitian diketahui variasi bahasa register berdasarkan (1) Setting atau tempat dan scene atau suasana, (2) Participants atau peserta tutur, (3) End atau tujuan tutur, (4) Act sequences atau pokok tuturan, (5) Key atau nada tutur, (6) Instrumental ities atau sarana tutur, (7) Norms atau norma tutur, dan (8) Genre atau jenis tuturan dalam media sosial Youtube.

Kata Kunci: sosiolinguistik, variasi register, model fungsional SPEAKING


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Cahyono, Anang Sugeng. 2016. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. PUBLICIANA. 9(1).

Hymes, Dell. 1996. Ethnography, Linguistics, Narrative Inequality Toward an Undestanding of Voice. London: Taylor and Francis Publisher. (Online), https://books.google.co.id/books?id=tQF6AgAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=Ethnography,+Linguistics,+Narrative+Inequality+Toward+an+Understanding+of+Voice&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwi6yZ6cqJboAhUVheYKHUx5A98Q6AEILDAA#v=onepage&q=Ethnography%2C%20Linguistics%2C%20Narrative%20Inequality%20Toward%20an%20Understanding%20of%20Voice&f=false, diakses pada 14 Februari 2020.

Ibrahim, Abdul Syukur. 2009. Kesemestaan Sosiolinguistik. UM: Malang.

Mahali, Saidatul Nornis Hj. 2008. Strategi interaksi dalam tradisi lisan Isun-Isun Bajau. SARI: Jurnal Alam dan Tamadun Melayu. 26(15).

Malabar, Sayama. 2015. Sosiolinguistik. Ideas Publishing: Gorontalo.

Mustikawati, Diyah Atiek. 2015. Register Bahasa Transportasi (Studi Pemakaian Bahasa Kelompok Profesi). Makalah disampaikan dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, FKIP, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Ponorogo, 7 November 2015.

Prasetya, Tutut. 2013. Bentuk, Makna, dan Fungsi Register Tni AD di Bekangdam V Brawijaya Surabaya: Suatu Kajian Sosiolinguistik. SKRIPTORIUM. 1(3).

Rokhman, Fathur. 2013. Sosiolinguistik: Suatu Pendekatan Pembelajaran Bahasa dalam Masyarakat Multikultural. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Wilga, Secsio Ratsja Putri, R. Nunung Nurwati, & Meilanny Budiarti S. 2016. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. PROSIDING KS: RISET & PKM. 3(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/deiksis.v7i2.3505

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Laman Deiksis: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Deiksis

Deiksis memiliki p-ISSN 2355-6633 dan e-ISSN 2548-5490

execute(); ?>