Mitos dan Kontramitos dalam Novel Mantra Penjinak Ular Karya Kuntowijoyo

Ria Kasanova, Sri Widjajanti

Sari


Mitos sebagai bagian dari kehidupan merupakan salah satu inspirasi lahirnya suatu cipta sastra.  Seringkali mitos dijadikan bahan untuk menulis sastra oleh pengarang.namun demikian, asumsi korelasi antara realitas dan sastra, hadirnya mitos dalam cipta sastra telah melalui sebuah proses kreatif. Fenomena mitos melalui sebuah pemahaman dan interpretasi yang baru. Hal tersebut pada tahap akhir  sampai pada wujud kontramitos. Oleh karena itu, wajib dipahami bahwa fenomena mitos itu sendiri seringkali dihadapkan dengan kontramitos pada perjalanan sejarah di dalam masyarakat. Salah satu karya sastra yang kental dengan fenomena mitos adalah Novel Mantra Penjinak Ular karya Kuntowijoyo. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi analisis. Teks data yang akan digunakan bersumber dari data teks Novel Mantra Penjinak Ular karya Kuntowijoyo, kemudian dianalisis dan dideskripsikan sesuai konteks yang dituju yaitu mitos dan kontramitos dalam Novel Mantra Penjinak Ular karya Kuntowijoyo. Mitos dalam novel Mantra Penjinak Ular lebih kental dengan mitos-mitos yang bersifat kosmologis, yaitu mitos yang berhubungan dengan alam, hal ini tentu saja mempengaruhi alam pikiran orang jawa dalam menentukan arah menghadap sebuah rumah, pemberian nama anak, angka, serta peruntungan sedangkan kontramitos dalam novel Mantra Penjinak Ular Kuntowijoyo mengajak masyarakat untuk meninggalkan mantra-mantra yang berbasis mitos, mistik, dan klenik.

Kata kunci: mantra, novel, mitos


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Barthes, Roland. 1981. Mithologies. New York: Granada Publising

Hasanuddin. 1998. Pengaruh Mitos dalam Karya Sastra Indonesia Warna Lokal Minangkabau. Dalam Majalah Humanus. Lemlit IKIP Padang.

Kuntowijoyo. 2010. Mantra Penjinak Ular. Jakarta: Gramedia

Suyitno. 1986. Sastra Tata Nilai dan Eksegesis. Yogyakarta: Penerbit Hanindita

Teeuw, A.1988. Sastra dan Ilmu sastra. Jakarta:PT Dunia Pustaka Jaya.

Barthes, Roland. 1983. S/Z. Terjemahan Bahasa Inggris oleh Richard Miller. Britain:Brasil Blacwell.

Malinowski, B. 1944. A Scientific Theory of Culture and Other Essays. Chapel Hill: University of North Carolina Press

Minsarwati, Wianu. 2002. Mito merapi dan keasifan ekologi. Yogjakarta: kreasi wacana

Anderson, Benedict R.O'G. 2008. Mitologi dan Toleransi Orang Jawa. Terj. Revianto B. Santoso dan Luthfi Wulandari. Yogyakarta : Jejak.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/deiksis.v5i2.1141

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Laman Deiksis: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Deiksis

Deiksis memiliki p-ISSN 2355-6633 dan e-ISSN 2548-5490

execute(); ?>