HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI EFEKTIF DOKTER DENGAN PASIEN DAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN STUDY : DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD WALED

Aris Sunaryo, Maulana Amrulloh, Bambang Wibisono

Sari


ABSTRAK

 

Latar Belakang   Kepuasan yang dirasakan pasien diperoleh dari  kepercayaan pasien terhadap tim medis dan rumah sakit dalam menangani penyakit yang dideritanya. Kualitas pelayanan dan komunikasi interpersonal yang efektif yang diberikan oleh tim medis kepada pasien serta rasa kepercayaan terhadap tim medis dan rumah sakit akan menimbulkan kepuasan pasien dalam berobat di rumah sakit maupun klinik tersebut. Tujuan    Menganalisis hubungan antara komunikasi efektif dokter dengan pasien dan kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien poliklinik penyakit dalam di RSUD Waled. Metode Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode consecutive sampling. Besar sampel sebanyak 100 responden. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data dilakukan menggunakan program komputer berupa analisis univariat, analisis bivariate dan analisis multivariat. Hasil Hasil analisis bivariate menggunakan analisis korelasi rank spearman diperoleh hasil pengaruh yang cukup kuat dan bermakna antara komunikasi efektif dokter dan pasien dengan kepuasan pasien (r =0,527 dengan nilai p value < 0.05), serta pengaruh yang kuat dan bermakna antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien ( r =0,527 dengan nilai p value < 0.05). Dari hasil analisis multivariate dengan regresi logistik ) didapat nilai PR komunikasi efektif dokter dengan  pasien sebesar 7,671 dengan CI 95% 1,604 ± 36,691 dan nilai PR kualitas pelayanan kesehatan sebesar 23,233dengan CI 95% 5,215 ± 103,502. Kesimpulan Terdapat hubungan yang bermakna antara komunikasi efektif dokter dengan pasien dan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien. Kualitas pelayanan kesehatan merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pasien Poliklinik Penyakit Dalam di RSUD Waled.

Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan, Komunikasi Efektif

 

ABSTRACT

 

Background The patient's satisfaction is obtained from the patient's trust in the medical team and the hospital in dealing with the disease he suffers. The quality of services and effective interpersonal communication provided by the medical team to patients as well as a sense of trust in the medical team and hospital will lead to patient satisfaction in treatment at the hospital or clinic. Aim To analyzing the relationship between effective communication between doctor and patient and the quality of health services to the satisfaction of patients with internal medicine polyclinics at Waled District Hospital. Method This research is an observational analytic study with cross sectional design. The sampling technique in this study uses consecutive sampling method. The sample size is 100 respondents. The research instrument in the form of a questionnaire was tested with a validity test and a reliability test. Data analysis was performed using the computer program in the form of univariate analysis, bivariate analysis and multivariate analysis. Results The results of the bivariate analysis using Spearman rank correlation analysis obtained a significant and significant effect between effective communication between doctor and patient with patient satisfaction (r = 0.527 with p value <0.05), as well as a strong and significant influence between service quality and patient satisfaction (r = 0.527 with p value <0.05). From the results of multivariate analysis with logistic regression) the effective communication value of the physician with the patient is 7,671 with 95% CI 1,604 ± 36,691 and the PR value of health service quality is 23,233 with 95% CI 5,215 ± 103,502. Conclusion There is a significant relationship between effective communication between doctor and patient and the quality of health care with patient satisfaction. The quality of health care is the most dominant variable affecting patient satisfaction in the Internal Medicine Polyclinic at Waled Hospital.

Keywords: Patient satisfaction, Quality of service, Effective communication between doctor and patient

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Referensi

KITA (Korean International Trade Association). Indonesian market focus. Healthcare & Medical Tourism. Volume 3 ; 2013. Hal: 1-37.

Patient Beyond Borders. Infografik: Berobat ke Luar Negeri Favorit Masyarakat Indonesia. Tim Publikasi Katadata; 2019.

Oisina IV, Ruth I, Osidhi V. Korelasi Komunikasi Interpersonal Efektif dan Kualitas Layanan Tim Medis terhadap Kepuasan Pasien. Volume 08, Nomor 0. Jurnal Komunikasi Islam ; 2018. Hal: 132

Mulyana D. dkk. Komunikasi Kesehatan Pemikiran dan Penelitian. Bandung : PT Remaja Rosdakarya ; 2018. Hal: 4-5.

Ali M, Sidi S. Komunikasi Efektif Dokter – Pasien. Jakarta : Konsil Kedokteran Indonesia ; 2006. Hal: 1, 9-10

Meivie Holy Mamahit. Ardiansa A.T. Tucunan. Hubungan Antara Komunikasi Verbal Dan Nonverbal Dokter Pasien Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Pancaran Kasih GMIM Manado. Manado:Universitas Sam Ratulangi Manado; 2016. Hal: 2

Lupiyoadi Rambat. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3. Jakarta : Salemba Empat ; 2014. Hal: 21.

Wahyuni T, Yanis A, Erly. Hubungan Komunikasi Dokter–Pasien Terhadap Kepuasan Pasien Berobat Di Poliklinik RSUP DR. M. Djamil Padang. Jurnal Kesehatan Andalas ; 2013. Hal: 176

Maya A. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pasien Rumah Sakit USU. Repositori Institusi USU ; 2018. Hal: 78

Lena F. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Rumah Sakit terhadap Kepuasan Pasien. Universitas Sanata Dharma ; 2018. Hal: 88

Sabarguna B.S. Manajemen Rumah Sakit. Yogyakarta : Pustaka Pelajar ; 2018. Hal: 25

Muninjaya G. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta : EGC ; 2012. Hal: 33

Nooria. Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Erlangga ; 2008. Hal: 132

Tjiptono Fandy. Pemasaran Jasa. Yogyakarta : Andi ; 2014. Hal: 51

Moenir H.A.S. 2015. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara ; 2015. Hal: 66

Noorbaya S. Komunikasi Kesehatan.Yogyakarta : Gosyen publishing; 2018. Hal: 9, 12-14

Wiryanto. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT. Gramedia. 2014

Mulyana Deddy. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. 2018. Hal: 102-103

Kusmawati T. Komunikasi Verbal dan Nonverbal. Vol. VI, No. 2, Jurnal Al – Irsyad ; 2016. Hal: 141-142

Riswandi. Ilmu Komunikasi. Yogyakarta : Graha Ilmu ; 2018. Hal: 84

Cangara Hafield. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Rajagrafindo Persada ; 2017. Hal: 79

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. Service, Quality and Satisfaction.Yogyakarta : Andi ; 2011. Hal: 11-12

Pohan I. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan. Jakrta : EGC ; 2007. Hal: 44 – 45

Siswanto. Metodologi Penelitian Kesehatan dan Kedokteran. Yogyakarta: Bursa Ilmu ; 2016. Hal: 227

Notoatmojo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta ; 2018. Hal: 124

Jessica D, Silaen A, Alferraly I. Hubungan komunikasi efektif dokter-pasien terhadap tingkat kepuasan pasien dalam pelayanan medik. Volume 10, Nomor 2. Intisari Sains Medis ; 2019. Hal: 334-336

Riwidoko H. Statistik untuk Penelitian Kesehatan dengan Aplikasi Program R dan SPSS. Yogyakarta : Pustaka Rihama ; 2009. Hal : 11-18


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Print ISSN: 2089-6042 || e-ISSN : 2579-7514
counter kostenlos Flag Counter
execute(); ?>