PENGARUH STRES DAN RESILIENSI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI TINGKAT II

-

Authors

  • Sri Rizki Rohmania
  • Shofa Nur Fauzah Bastian
  • Duddy Fachrudin
  • Muhammad Zul Fahmi Akbar FK UGJ, Indonesia
  • Aprliyan Laras Chantika Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, Indonesia
  • Binto Akuturisiano Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, Indonesia

Keywords:

Stres, Resilensi, Motivasi Belajar dan Mahasiswa Kedokteran.

Abstract

Latar Belakang: Pembelajaran di tingkat II Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati dipersepsi yang paling berat oleh mahasiswa kedokteran. Motivasi belajar diperlukan mahasiswa untuk mengatasi kesulitan yang di alaminya selama pembelajaran. Motivasi belajar di pengaruhi oleh banyak faktor, yang di antaranya stress dan resiliensi. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh stress dan resiliensi terhadap motivasi belajar pada mahasiswa kedokteran tingkat II Universitas Swadaya Gunung Jati. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional. total sampling digunakan, dengan jumlah partisipan penelitian  sebanyak 203 mahasiswa kedokteran tingkat II. Alat ukur menggunakan yaitu medical student stressor questionnaire, academic resilience 30, dan motivated strategies for learning quistionaire. Teknik pengolahan data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil: Stres dan resiliensi memiliki pengaruh secara simultan terhadap motivasi belajar. Hasil uji f menyatakan nilai f hitung ( 38,056 ) > f tabel: (3,041) sumbangan pengaruh keduanya terhadap motivasi belajar sebanyak 27,6%. Stress dan resiliensi juga memiliki pengaruh secara parsial terhadap motivasi belajar. Hasil uji T hitung stress-motivasi belajar (5,048) > T tabel (1,971), dan nilai T hitung resilensi- belajar (5,776 ) > T tabel (1,97). Simpulan: Stress dan resiliensi memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa kedokteran tingkat II Universitas Swadaya Gunung Jati.

Author Biography

Shofa Nur Fauzah Bastian

First Author

References

DAFTAR PUSTAKA

Santrock, JW. 2007. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Prenada Media Group.

Putra, N. 2015. Hubungan Tingkat Stres Akademik Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Tahun Pertama Blok Basic Science 1 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung [Skripsi]. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Puspita, Farras Cahaya. 2018. Hubungan Stres Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Jurnal Majority. Vol. 7 (3) : pp 24-33.

Suganda, Dilian K. 2014. Tingkat Stres Pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara Angkatan 2013. Medan : Universitas Sumatera Utara.

Ilyas, I., Marisa, F. dan Purnomo, D. 2018. Implementasi Metode Trend Moment (Peramalan) Mahasiswa Baru Universitas Widyagama Malang. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science). Vol. 3 (2).

Nist-Olejnik S, Holschuh JP. 2007. College Rules! How To Study, Survive, and Succeed 3rd. New York: Ten Speed Press.

Fernández-González L, González Hernández A, Trianes-Torres MV. 2015. Relationships Between Academic Stress, Social Support, Optimism-pessimism and Self-esteem in College Students. Electron J Res Educ Psychol. Vol. 13 (1) : pp 111-130.

Nurmala, M. D., Wibowo, T. U. S. H., & Rachmayani, A. 2020. Tingkat Stres Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling. Vol. 5(2).

Sari, M. K. 2020. Tingkat Stres Mahasiswa S1 Keperawatan Tingkat Satu Dalam Menghadapi Wabah Covid-19 dan Perkuliahan Daring di STIKES Karya Husada Kediri. Jurnal Ilmiah Pamenang. Vol. 2 (1) : pp 3135.

Maulana, Z. F. 2014. Perbedaan Tingkat Stres Antara Mahasiswa Tahun Pertama dan Tahun Kedua di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Jurnal Majority. Vol. 3 (4) : pp 154–162.

Abdulghani, HM. 2008. Stress and Depression Among Medical Students: A Cross Sectional Study at a Medical College in Saudi Aarabia. Pakistan J Med Sci. Vol. 24 (1) : pp 12-17.

Augesti, G. 2015. Perbedaan Tingkat Stres Antara Mahasiswa Tingkat Awal dan Tingkat Akhir Fakultas Kedokteran Universitas Lampung [Skripsi]. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS). 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI tahun 2018. Jakarta : Kementrian RI.

Puspitha, FC. 2015. Hubungan Stres Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Bandar Lampung: Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.

J, Rucker. 2018. The Relationship Between Motivation , Perceived Stress and Academic Achievement in Students. Twente: University of Twente.

Usfa Imami Y, Penelitian A, Novasyra A, Utami N, Alamsyah Lubis I. 2022. Tingkat Stres Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara Angkatan 2021 Pada Masa Pandemi COVID-19. J Kedokt STM (Sains dan Teknol Med). Vol. 5 (2) : pp 80-86.

Jaya AC, Irawan M. 2022. Hubungan Resiliensi dengan Stres Akademk Selama Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 12 Medan. Indonesian Counseling and Psychology. Vol. 2 (2) : pp 59–72.

Redityani NLPA, Susilawati LKPA. 2021. Peran Resiliensi dan Dukungan Sosial terhadap Burnout pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. J Psikol Udayana. Vol. 8 (1) : pp 86.

S, Amelia. 2014. Gambaran Ketangguhan Diri (Resiliensi) Pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Riau. Jom FK. Vol. 1 (2) : pp 1-9.

Kirana A, Agustini, Rista E. 2022. Resiliensi dan Stres Akademik Mahasiswa yang Sedang Menyelesaikan Skripsi di Universitas X Jakarta Barat. J Psikol Pendidik. Vol. 15 (1) : pp 27–50.

Way F, Daramatasia W, Yuliyanik. 2021. Hubungan Stress Akademik dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Keperawatan Semester VI dimasa Pandemi Covid-19. Media Husada J Nurs Sci. Vol. 3 (1) : pp 198–206.

Ikhwaningrum ARS, Yusuf M, Saniatuzzulfa R. 2022. Hubungan Resiliensi dan Perceived Social Support dengan Stres Akademik Saat Pembelajaran Daring pada Mahasiswa. J Sains Psikol. Vol.11 (1) : pp 50.

Ompusunggu, HES. 2020. Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen. Nommensen J Med. Vol. 6 (1) : pp 32–35.

Tampi JJ, Posangi J, Wahongan GJP. 2019. Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Mahasiswa dalam Pembelajaran Offline dan Online dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019. J Public Heal Community Med. Vol. 2 (2) : pp 14–20.

Dina, Putri Aulia Ernan. 2020. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Batu [Skripsi]. Malang : UIN Maulana Malik Ibrahim.

A, Emda. 2018. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida J. Vol. 5 (2) : pp 172.

Willda T, Nazriati E, Firdaus. 2015. Hubungan Resiliensi Diri Terhadap Tingkat Stres Pada Dokter Muda Fakultas Kedokteran Universitas Riau. J Chem Inf Model. Vol. 1 (1) : pp 1689–199.

NT, Lumban Gaol. 2016. Teori Stres: Stimulus, Respons, dan Transaksional. Bul Psikol. Vol. 24 (1) : pp 1.

Musradinur. 2015. Stres dan Cara Mengatasinya Dalam Perspektif Psikologi. Jurnal Edukasi : Jurnal Bimbingan Konselung. Vol. 2 : pp 183.

NT, Lumban Gaol. 2016. Teori Stres: Stimulus, Respons, dan Transaksional. Bul Psikol. Vol. 24 (1) : pp 1.

Irianto MA, Rahman F, Abdillah HZ. 2021. Konsep Diri Sebagai Prediktor Resiliensi Pada Mahasiswa. Psikostudia J Psikol. Vol. 10 (1) : pp 1.

Purnama, Sari S., Aryansah JE, Sari K. 2020. Resiliensi Mahasiswa dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 dan Implikasinya Terhadap Proses Pembelajaran. Indones J Guid Couns Theory Appl. Vol. 9 (1) : pp 17–22.

Harahap ACP, Harahap SR, Harahap DPS. 2020. Gambaran Resiliensi Akademik Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Irsyad. Vol. 10 (2).

Nursalam. 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Demolingo DPA, Kalalo F, Katuuk M. 2018. Hubungan Stres dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Semester V Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Keperawatan Vol. 6 (1) : pp 1-6.

Mu’tadin, Z. 2002. Kesulitan Menulis Skripsi. Jakarta: Psikologi.

Schiffman LG, Kanuk LL. 2007. Consumer Behavior. Dalam: Wijaya SV, editor. Pengaruh Motivasi, Presepsi, dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda di Kawasan Kabupaten Kudus [Skripsi]. Semarang: Universitas Dian Nuswantro.

Chernis C, Goleman D. 2001. The Emotionally Intelligent Workplace. San Fransisco: Jossey Bassa Willey Company.

Potter PA, Perry AG. 2015. Fundamental Nursing: Concepts, Process, and Practice. Edisi ke-2. USA: Pearson Education Limited.

Permata TBM, Khumaesa NE, Maharani P, Rahmartani LT, Nicholas, Giselvania A, Panigoro SS. 2019. Pedoman Strategi & Langkah Aksi Pengelolaan Stres. Jakarta: Komite Penanggulangan Kanker Nasional (KPKN).

Rubiyanti, Y. 2008. Motivasi dan Manajemen Stres. Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran : Bandung.

Sudaryono, B. 2009. Perilaku Belajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: DCMA.

43, Savira, Laras Ayu. 2021. Hubungan Stres dengan Motivasi Belajar Mahasiswa di Saat Pandemi Covid-19. JIKSH : Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada Vol. 10 (1) : pp 183-188.

Sugiyanto, Hanun Raihan Fathih. 2021. Hubungan Antara Stres dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Angkatan 2019 [Skripsi]. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah, 1-62.

45. Ginsburg. 2006. A Parents Guide to Buliding Resilience in Children and Teens. USA: American Academy of Pediatrics.

Masdianah. 2010. Hubungan Antara Resiliensi dengan Prestasi Belajar Anak Binaan Yayasan Smart Ekselensia Indonesia [Skripsi]. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah.

Mardiana, Tri. 2017. Hubungan Antara Self Resiliensi dengan Motivasi Berprestasi Mahasiswa PG PAUD Angkatan 2015 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, pp 1-13.

Kinanti, Diva Celsya Puti. 2021. Hubungan Resiliensi Akademik dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Baru Angkatan 2021 Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sriwijaya [Skripsi]. Sumatera Selatan: Universitas Sriwijaya.

Dhoopar, A., Sihag, P., Kumar, A., & Suhag, A. K. (2022). Organizational resilience and employee performance in COVID-19 pandemic: The mediating effect of emotional intelligence. International Journal of Organizational Analysis, 30(1), 130–155. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/IJOA-06-2020- 2261

Rini Riris, S., Alifi Nur, P. N., & Satrio, S. P. (2021). Disaster mitigation and resiliency learning strategies of teachers during Covid-19 pandemic from several provinces in Indonesia. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 884(1), 1–10. https://doi.org/10.1088/1755- 201 1315/884/1/012057

Tambunan, H. (2021). Dampak pembelajaran online selama pandemi Covid-19 terhadap resiliensi, literasi matematis dan prestasi matematika peserta didik. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2), 70–76.

Satyaninrum, R. I. (2014). Pengaruh School engagement, locus of control, dan social support terhadap resiliensi akademik remaja. Tazkiya: Journal of Psychology, 2(1), 1–20.

Pasaribu, B. S. 2018. Hubungan Tingkat Stres dengan Motivasi Mahasiswa Mengerjakan Skripsi di Fakultas Kesehatan Masyarakat USU. Skripsi, Universitas Sumatera Utara.

Downloads

Published

2025-08-20

Citation Check