KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Eka Candra, Ika Kurniawati, Ferry Ferdianto

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya siswa yang tidak dapat membuat model matematika soal cerita pada materi relasi dan fungsi serta rendahnya kemampuan kemandirian belajar siswa dalam mengaitkan masalah dengan kehidupan sehari- hari . Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan kemandirian belajar siswa melalui model PBL dalam materi relasi dan fungsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan angket, identifikasi data diperoleh dari menganalisis hasil jawaban angket kemandirian siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah angket kemandirian belajar siswa dari rata-rata setiap indikator diperoleh persentase tertingginya adalah 80,83% dengan indikator “Kepercayaan diri” termasuk dalam kriteria sangat baik, kemudian untuk indikator terendah diperoleh pada indikator pertama “Tidak tergantung terhadap orang lain” dengan persentase 77,53% dengan kategori baik.

Kata Kunci


problem based learning, kemampuan kemandirian belajar sisw

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Endang, W. 2018. Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research and Development (R&D). Bengkulu .Bumi Aksara.

Fahradina, dkk. 2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok. Jurnal Didaktik Matematika. Vol. 1, No. 1.

Ferdianto, F., & Ghany. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Problem Posing. Jurnal Euclid, 47-54.

Ferdianto, F., dan Setiyani. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajatan Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Pendidikan Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol. 2 No.1 Hal. 37-47.

Hartinah, S., & Ferdianto, F. (2019). Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Memahami Materi SPLTV. Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM) (hal. 484-492). Cirebon: penerbit Unswagati (Universitas Swadaya Gunung Jati).

Kartika, & Ferdianto, F. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Operasi Bilangan Real. Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM) (hal. 344-356). Cirebon: penerbit Unswagati (Universitas Swadaya Gunung Jati).

Miftaqul, A. 2016. Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dan Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas III SDN Panularan Surakarta. Jurnal Kajian Kependidikan Islam, Volume 1, Nomor 2.

Sianturi, A., dkk. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6 No 1.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Laman Jurnal LOGIKA: http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/logika/index

Jurnal LOGIKA memiliki p-ISSN 1978-2560 dan e-ISSN 2442-5176