PEDOMAN PEMILIHAN DAN PENYAJIAN BAHAN AJAR MATA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Khalimi Romansyah

Sari


Bahan pembelajaran perlu dipilih dan disajikan secara tepat agar tujuan pembelajaran tercapai dengan maksimal. Ada beberapa kriteria yang perlu dipertimbangkan dalam memilih dan menyajikan bahan ajar. Beberapa kriteria itu adalah prinsip-prinsip pemilihan bahan ajar, tahap-tahap pemilihan bahan ajar, dan kriteria penyajian bahan ajar

          Prinsip-prinsip pemilihan bahan ajar meliputi prinsip relevansi, prinsip kecukupan, dan prinsip konsistensi. Adapun tahap-tahap pemilihan bahan ajar meliputi penentuan aspek-aspek perilaku yang terdapat dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta penentuan atau pemilihan jenis bahan ajar yang sesuai dengan aspek-aspek perilaku yang terdapat dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar. Sementara itu kriteria penyajian bahan ajar meliputi pencantuman tujuan pembelajaran, penahapan pembelajaran ( pengurutan bahan ajar ), penarikan minat dan perhatian peserta didik, pelibatan keaktifan peserta didik, hubungan antar bahan ajar, soal, dan norma penyajian bahan ajar.

        Berkaitan dengan pemilihan dan penyajian bahan ajar mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, selain perlu mempertimbangkan kriteria-kriteria di atas, juga harus mempertimbangkan kriteria lain, yaitu : kriteria keilmuan bahasa dan sastra Indonesia, kriteria ilmu pendidikan dan keguruan, serta kriteria keterbacaan bahan ajar.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Laman Jurnal LOGIKA: http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/logika/index

Jurnal LOGIKA memiliki p-ISSN 1978-2560 dan e-ISSN 2442-5176

execute(); ?>