PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MUARO JAMBI

Azza Nabila, Eddy Pahar Harahap, Agus Salim

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan ialah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media audio visual dalam pembelajaran menulis teks narasi pada siswa kelas VII SMP di salah satu SMP di Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian ekperimen. Subjek penelitian ini adalah seiswa kelas VII E (kelas kontrol) dan VII F (kelas eksperimen) SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Data diperoleh melalui hasil pretest dan posttest. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes berupa menulis teks narasi pada siswa kelas VII. Data selanjutnya dianalisis secara kuantitatif dengan bantuan program SPSS 21. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya perubahan hasil menulis siswa setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen. Hal ini memperlihatkan adanya peningkatan dari hasil menulis siswa melalui penggunaan media audio visual.

Keywords


Kemampuan Menulis, Teks Narasi, Audio Visual

References


Azhar Arsyad. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Dalman (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Goma, S.N. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bolangitang. Skripsi. Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Gorontalo.

Irfan. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Visual Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Sinjai Timur. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar.

Lesdiniati. (2019). Kemampuan Menulis Teks Narasi Dengan Menggunakan Media Audio Visual Siswa Kelas VII SMP Negeri 30 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2019/2020. Jambi: Universitas Jambi.

Maroha, S., I. Basri dan Afnita. (2010). Pengaruh Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Di SMPN 19 Padang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Padang.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widjono, Hs. 2007. Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di PerguruanTinggi (Rev). Jakarta: Grasindo

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Luar Jaringan (Offline), Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jt.v11i2.7906

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Azza Nabila, Eddy Pahar Harahap, Agus Salim
execute(); ?>