NILAI BUDAYA DALAM NOVEL ASSALAMUALAIKUM BEIJING KARYA ASMA NADIA (KAJIAN STRUKTURAL GENETIK)

Diyah Widi Hartati, Jimat Susilo

Abstract


Salah satu nilai dalam novel adalah nilai budaya. Nilai merupakan unsur yang membangun terbentuknya suatu karya sastra. Kebudayaan dapat tercermin dalam suatu karya sastra karena karya sastra diciptakan oleh seorang pengarang yang hidup sebagai anggota masyarakat yang mempunyai suatu kebudayaan.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai budaya yang terdapat dalam novel Assalamualaikum Beijing karya Asma Nadia. Metode penelitian yang digunakan mengacu pada teori interpretasi teks dengan metode deskripsi analisis isi, yaitu dengan cara mendeskripkan fakta-fakta yang berupa kata-kata dalam kutipan dan dilengkapi dengan analisis untuk memberikan pemahaman dan penjelasan. Pendekatan yang digunakan adalah struktural genetik yaitu dengan mengkaji hubungan antarunsur pembangunnya yang meliputi unsur intrinsik, ekstrinsik, dan pengarangnya. Teknik pengumpulan data melalui kartu data yang digunakan untuk mencatat data-data berupa nilai budaya yang terdapat dalam novel dan dianalisis secara deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Assalamualaikum Beijing karya Asma Nadia banyak mengandung unsur-unsur nilai budaya, di antaranya bahasa, sistem pengetahuan, organisasi sosial, sistem peralatan hidup dan teknologi, sistem mata pencaharian hidup, sistem religi, dan kesenian. Pengembangan nilai-nilai budaya yang ada melalui latar cerita, penokohan, dan bahasa yang digunakan dalam cerita. Nilai budaya tersebut terdapat pada unsur intrinsik maupun ekstrinsik novel baik secara langsung maupun tidak langsung.


Keywords


Nilai Budaya, Novel, Struktural Genetik

References


Aziez, F. & Hasim, A. (2010). Menganalisis Fiksi Sebuah Pengantar. Bogor: Ghalia Indonesia.

Bustanuddin, A. (2005). Agama dalam Kehidupan Manusia Pengantar Antropologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Darma, Budi. 2004. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Emi. (2017). Nilai Moral dan Nilai Budaya dalam Novel Kelopak Cinta Kelabu

Karya Suhairi Rachmad dan Implikasinya dalam Pembelajaran

Apresiasi Sastra di SMP. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 7, Nomor 1 pp. 67-68. DOI: http://dx.doi.org/10.31851/pembahsi.v7i1.1285.

Koentjaraningrat. 2013. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.Kurniawan.

Kosasih, E. (2012). Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Mastuti, D.L. (2020). Analisis Nilai-nilai Budaya dan Sosial pada Novel Aku Anak Beting Karya Siskadyahfa. Jurnal Cakrawala Lungista, Vol. 3 Nomor 2, pp. 70-80. DOI: http://dx.doi.org/10.26737/cling.v3i2.1993.

Mustomi, T. & Munir, S. (2018). Kajian Strukturalisme Genetik dalam Novel Eliana Karya Tere Liye. Jurnal Literasi, Vol. 2 Nomor 1.

Nadia, Asma. 2014. Assalamualaikum Beijing. Jakarta: Asmanadia Publising House.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ratna, Nyoman Kutha. 2013. Teori, Metode, dan Teknik penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rosmaya, E. (2014). Nilai Moral, Sosial, dan Budaya pada Tiga Novel yang Difilmkan Berdasarkan Pendekatan Struktural dan Penerapannya untuk Penyusunan Bahan Ajar serta Kegiatan Pembelajaran Apresiasi Novel di SMA Islam Al Azhar. Jurnal Deiksis, Vol. 1 Nomor 2. http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/deiksis/article/view/98/95.

Rosyidi, M. Ikhwan dkk, (2010). Analasis Teks Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Setiadi, Elly M. dkk. 2012. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Setiawati, Delvia R., et al. (2015). "Nilai Budaya dalam Novel Lontara Rindu Karya S. Gegge Mappangewa." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, vol. 4, no. 1, 16 Jan. 2015. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8738/8688.

Susilowati. (2017). Nilai Sosial dan Pendidikan dalam Novel Mahkota Cahaya untuk Ayah Bunda karya Fifa Dila dan Pengembangannya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA/MA Kelas XII. http://opac.unila.ac.id/ucs/index.php?p=show_detail&id=56328.

Susilo, J., Juwanda, & Dewi, K. P. (2020). Nilai-nilai kehidupan pada novel paradigma karya Syahid Muhammad dan pemanfaatannya sebagai bahan ajar dalam pembelajaran teks novel di SMA. Jurnal Tuturan, 9(2), 59-64.

Susilo, J., Rasyad, S., & Wulandari, N. (2019). Woman Images In Novel Midah Si Manis Bergigi Emas By Pramoedya Ananta Toer (A Feminism Approach). Magistra Andalusia: Jurnal Ilmu Sastra, 1(2).

Teeuw, A. 2013. Sastra dan Ilmu Sastra. Bandung: Dunia Pustaka Jaya.

Wellek, Rene. dan Austin Warren. 2014. Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jt.v11i2.7511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Diyah Widi Hartati, Jimat Susilo
execute(); ?>