PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK BERBASIS HOTS DALAM TEKS EKSPLANASI DI SMA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anderson, & Krtahwohl, D. (2011). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy. New York: Longman Publishing.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2017. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Branch, Robert M. 2012. Instructional Design: The ADDIE Approach.
Dhewa Kusuma, M. (2017). The Development of Higher Order Thinking Skill (HOTS) Instrument Assessment in Physics Study. IOSR-JRME (IOSR Journal of Research & Method in Education), 7 (1).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.
Kusaeri dan Suprananto. 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Majid, Abdul. 2015. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nugroho, R. A. (2019). HOTS (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-Soal). Jakarta: Grasindo.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Purwanto, Ngalim. 2017. Prinsip-Prinsip Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pribadi, Benny A. 2014. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Prenada Media Group BP.
Rosayu, Witgia Indah., Jaja. 2019. Pengembangan Penilaian Autentik Keterampilan di Sekolah Dasar. Jurnal Tuturan Vol 8, No. 1 diambil dari http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/jurnaltuturan/article/view/2679 (06 Agustus 2020).
Rusdiana, A. 2018. Penilaian Autentik (Konsep, Prinsip, dan Aplikasinya). Bandung: Pustaka Setia.
Sani, R. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill). Tangerang: Tira Smart.
Setyosari, Punaji. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sutanto, & Retnawati. (2016). Perangkat Pembelajaran Matematika Bercirikan PBL untuk Mengembangkan HOST Peserta didik SMA. Riset Pendidikan Dan Matematika, 3 (2).
Syafiudin, Sumiati. 2019. Modul Penyusunan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Bahasa Indonesia. Kemendikbud.
Tegeh, I Made, et. al. 2015. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wahidmurni. (2018). Pengembangan Penilaian untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS).
Widana, I. W. (2017). Higher Order Thinking Skills Assessment (HOTS). Indonesian Student Assessment and Evaluation, 3 (1). Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jisae/article/view/4859.
Yani, Ahmad. 2019. Cara Mudah Menulis Soal HOTS. Bandung: PT Refika Aditama.
Yustinah. 2017. Produktif Berbahasa Indonesia. Kudus: Erlangga.
DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jt.v11i2.6913
Refbacks
Copyright (c) 2022 Arie Setyadharma