MODEL DISKOVERI DALAM PEMBELAJARAN TEKS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN APLIKASI BELAJAR SECARA DARING (QUIPPER SCHOOL) PADA SISWA KELAS lX SMP NEGERI l WERU KABUPATEN CIREBON

Erni Erni, Abdul Rozak, Dede Endang Mascita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) desain model diskoveri dalam pembelajaran teks cerpen dengan menggunakan layanan aplikasi belajar secara daring (Quipper School) di kelas IX SMP dan 2) proses model diskoveri dalam pembelajaran teks cerpen dengan menggunakan layanan aplikasi belajar secara daring (Quipper School) di kelas IX SMP serta 3) hasil model diskoveri dalam pembelajaran teks cerita pendek dengan menggunakan layanan aplikasi belajar secara daring (Quipper School) di kelas IX SMP. Tempat penelitian di SMP Negeri I Weru Kabupaten Cirebon. Sampel penelitian ini kelas IX-D dan IX-E dengan jumlah siswa 32 orang tiap kelas.  Penelitian di Kelas IX-D menggunakan pembelajaran secara daring dengan aplikasi Whatsapp sebagai kelas kontrol sedangkan kelas IX-E menggunakan aplikasi Quipper School sebagai kelas eksperimen sedangkan teknik pengambilan data menggunakan instrumen-instrumen yang berupa soal tes awal (pretest) maupun tes akhir (postest) serta menggunakan instrumen nontes yang berupa data observasi dan angket. Data-data yang diperoleh dari hasil tes dan observasi serta angket dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis kemudian dilakukan pengolahan data yang diperoleh dari hasil tes (pretest) dan (postest) serta instrumen observasi serta angket menunjukkan bahwa model diskoveri pada pembelajaran teks cerita pendek dengan menggunakan layanan belajar secara daring (Quipper School) memperoleh nilai rata-rata lebih tinggi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model diskoveri telah mampu meningkatkan hasil proses belajar peserta didik yang lebih baik.


Keywords


Model Diskoveri, Pembelajaran Teks Cerpen, Menggunakan Quipper School

References


Aksan, Hermawan, (2015). Proses kreatif menulis cerpen. Bandung: Nuasnsa Cendikia.

Astuti, Indah Puji dkk. (2017). Sosialisasi dan Workshop Pemanfaatan Quipper School untuk Optimalisasi Jam Pembelajaran di MAN 1 Ponorogo. Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1),40-47.

Creswell, John W. (2017). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Huda, Miftahul. (2014). Model-Model Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Idris, Apandi. (2018). Strategi Pembelajaran Aktif Abad 21 dan Hots. Yogyakarta: Samudra Biru.

Karmila, Nining dkk. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quipper School Terhadap Minat Belajar Fisika Siswa. Jurnal pendidikan fisika. Vol.5 No. 2, September 2017.

Kemendikbud.(2017). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Dirjen dikdas

Kusmana, Suherli. (2016). Merancang Karya Tulis Ilmiah. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Masruroh, Ainun. (2017). Rambu-Rambu Menulis Cerpen. Yogyakarta : Pusat Kajian Bahasa.

Mulyatiningsih, Endang. ( 2012 ) Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Nuryatin, Agus & Irawati, Retno Purnama. ( 2016 ). Pembelajaran Menulis Cerpen. Semarang. Cipta Prima Nusantara.

Rozak, Abdul & Rasyad, Sobihah. (2016).Pembelajara Sastra Berbasis Teks. Yogyakarta:Frame publishing.

Sanjaya,Wina. (2017). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta. Kencana.

Sugiono. (2018).Metode dan penelitian pendidikan.Bandung : alpabeta.

Suprihatin, Tatin. (2016). Inovasi Pembelajaran Jarak Jauh dengan Edmodo dan Quipper School. Bandung : Yrama Widya.

Trisnaningsih. (2016). Pengembangan E-Learning Management System Quipper School Pada Pembelajaran Materi Sistem Pertahanan Tubuh Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA NEGERI 3 Yogyakarta. UNY. Jurnal Pendidikan Biologi Vol 5 no 6 tahun 2016

Sandrawati, Satia Ayu dkk. (2018). Efektifitas Penggunaan E-Learning Quipper School Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Seminar Nasional Pendidikan 2018.

Suparti, Ani dkk. (2018). Kupeluk Waktu Dalam Kisah. Bandung : Yayasan Pelita Parahyangan Goeboek Senja Pustaka

Wibowo,Hari. (2018). Model dan teknik Pembelajaran Bahasa Indonesia. Depok:Puri Cipta Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ERNI ERNI
execute(); ?>