PEMANFAATAN ISPRING SUITE QUIZZES SEBAGAI PEMBUATAN SOAL BAHASA INDONESIA BERMUATAN HOTS

Tri Pujiatna, Rahayu Pristiwati

Sari


iSpring Suite Quizzes dapat digunakan untuk membuat soal tes interaktif dan lembar kerja peserta didik (LKPD). Tujuan dilaksanakanya soal/evaluasi berbasis HOTS ini sesuai dengan kurikulum di mana siswa dituntut untuk menjadi peserta didik yang memiliki daya kritis, kreatif, dan inovatif. Mata pelajaran Bahasa Indonesia membiasakan siswa menemukan fenomena baru mengeksplorasi kekuatan informasi dan tantangan untuk mengetahuhi kebenaran melalui proses menalar. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplor pemanfaatan aplikasi iSpring Suite Quizzes dalam pembuatan soal Bahasa Indonesia berorientasi HOTS. Penelitian ini mengunakan pendekatan studi kepustakaan (library research). Berdasarkan hasil pembahasan bahwa iSpring Suite merupakan aplikasi yang dapat digunakan dalam pembuatan e-learning. Salah satu fitur yang dapat digunakan adalah Quizzes. Fitur ini dapat digunakan sebagai sarana untuk membuat soal atau kuis secara interaktif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Di mana bentuk interaktif dalam soal atau kuis ini pengguna/peserta akan mendapatkan umpan balik ketika menjawab sebuah pertanyaan serta dapat memberikan informasi skor secara langsung. Langkah penyusunan soal HOTS dalam Bahasa Indonesia yaitu: Pertama yang harus dilakukan adalah menganalisis kompetensi dasar. Kedua adalah mengembangkan kisi-kisi, Ketiga, memilih stimulus yang menarik dan konstektual. Keempat menulis butir pertanyaan. Kelima menentukan kunci jawaban/pedoman penskoran. Keenam melakukan analisis kualitatif, Ketujuh melakukan analisis kuantitatif.


Kata Kunci


Soal HOTS Bahasa Indonesia; iSpring Quizzes, HOTS

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anderson, & Krtahwohl, D. (2011). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy. New York: Longman Publishing.

Charmonman, S., Mongkhonvanit, P., & Kim, M.-J. (2015). A Survey of Apps for E-Learning 2015. The Twelfth International Conference on eLearning for Knowledge-Based Society, 11-12 December 2015, Thailand, 49.1-49.4.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Lestari, A., Asep S., Ghullam H. (2016). Pengembangan Soal Tes Berbasis HOTS pada Model Pembelajaran Latihan Penelitian di Sekolah Dasar. Pedadidaktikal 13(1) https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/4801/3364

Syafiudin, Sumiati. 2019. Modul Penyusunan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Bahasa Indonesia. Kemendikbud.

Tani, Sekar & Elvin Yusliana Ekawati. 2017. Peningkatan Kemandirian Peserta Didik pada Materi Kinektik Gas Melalui Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis iSpring Suite 8. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika. 7(2). https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31454

Wahidmurni. (2018). Pengembangan Penilaian untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS).

Widana, I. W. (2017). Higher Order Thinking Skills Assessment (HOTS). Indonesian Student Assessment and Evaluation, 3 (1). Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jisae/article/view/4859.

Wulandari, S., Hajidin, & M. Duskri. 2020. Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills. Didaktika 7 (2).

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta, Indonesia: Yayasan Obor Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jt.v10i2.5503

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##