MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI BERBANTUAN MEDIA VIDEO PADA KELAS X SMA

Dede Endang Mascita, Tri Pujiatna, Rhici Prisilia Kuntari

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada kelas X SMA N 1 Banjarharjo guna mendeskrispkan adatidakya pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dalam menulis teks negosasiasi dengan bantuan video. Sampel penelitian ini adalah X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas pembanding. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan tes dan obeservasi. Teknik tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks negosiasi. Teknik tes yang digunakan berupa tes awal dan tes akhir. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dilakukan observasi pada proses pembelajaran di dua kelas tersebut. Berdasarkan uji test dengan menggunakan SPSS versi 22 terhadap nilai tes akhir yang diperoleh kelas eksperimen dan kelas kontrol, dapat disimpulkan bahwa dari uji statistik yang diperoleh nilai Sig sebesar 0,036. Nilai Asymp Sig (2-tailed) sebesar 0,036 < 0,05, yang artinya  ditolak dan  diterima. Artinya, ada perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum dan sesudah perlakuan. Karena ada perbedaan yang signifikan, maka penerapan model berbasis proyek berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis teks negosiasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks negosiasi.


Keywords


Model pembelajaran berbasis proyek, teks negosiasi, media video

References


Abidin, Y. (2016). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Amir, M. Taufik. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana

Artini, I. W. (2016). Bahasa Indonesia 1 SMA/SMK Kelas X. Jakarta: Katalog dalam Terbitan ( KDT).

Daryanto.(2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Imamah, N. (2012). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konstruktivisme Dipadukan Dengan Video Animasi Materi Sistem Kehidupan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 32-36.

Kosasih, E. (2014). Jenis-jenis Teks. Bandung: YRAMA WIDYA.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Mulyadi. (2017). Buku Teks Pendamping Bahasa Indonesia untuk Siswa SMA-MA/SMK-MAK kelas XI. Bandung. Yrama Widya

Pujiatna, T. (2018). Penguasaan Ejaan Bahasa Indonesia dalam Kemampuan Menulis Mahasiswa Baru Sebagai Bahan Penyusunan Silabus MKU Bahasa Indonesia Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon. Dieksis 5 (1), 91-99

Rostini, D., Fuadi, N., Sutarjo, M., & Fajarianto, O. (2020). The management of teachers competency of islamic religious education to improve learning quality in madrasah aliyah. International Journal of Psychosocial Rehabilitation. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I3/PR200914

Sari, P. K., Rostini, D., Fajarianto, O., & Safitri, Y. (2020). The Effect of Social Media on Reading Intensity of Fifth Grade Elementary School Students. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200402.049

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jt.v9i1.3638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dede Endang Mascita, Tri Pujiatna, Rhici Prisilia Kuntari
execute(); ?>