PENGEMBANGAN PENILAIAN AUTENTIK KETERAMPILAN BERBAHASA TULIS DI SEKOLAH DASAR

Witgia Indah Rosayu, - Jaja

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui profil penilaian menulis di Sekolah Dasar saat ini. (2) memaparkan prototipe pengembangkan penilaian autentik keterampilan berbahasa tulis di Sekolah Dasar. (3) memaparkan hasil implementasi prototipe pengembangan instrumen penilaian autentik keterampilan berbahasa tulis di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang mengacu pada langkah-langkah Sukamdinata yaitu studi pendahuluan, tahap pengembangan dan uji coba.

Produk pengembangan instrumen penilaian autentik berbahasa tulis terdiri dari (1) instrumen penilaian menulis laporan buku; (2) instrumen penilaian menulis pantun; (3) instrumen penilaian menulis syair dan; (4) instrumen penilaian sikap dalam kegiatan menulis. Hasil penelitian pengembangan ini yaitu (1) instrumen penilaian autentik menulis laporan buku, menulis pantun, menulis syair dan penilaian sikap dalam kegiatan menulis dinyatakan valid oleh ahli penilaian dan praktisi; (2) dalam uji kekonsistenan instrumen penilaian menulis buku diperoleh nilai rata-rata koefisien kappa > 0,775, instrumen penilaian menulis pantun memperoleh nilai rata-rata koefisien kappa > 0,709, dan instrumen penilaian menulis syair memperoleh nilai rata-rata koefisien kappa > 0,651 artinya instrumen penilaian menulis catatan buku, pantun dan syair memiliki kekonsistenan yang tinggi dalam penilaian oleh beberapa penilai. Dengan demikian penilaian autentik yang dikembangkan dinyatakan valid dan reliabel sehingga dapat digunakan sebagai alternatif instrumen penilaian berbahasa tulis di Sekolah Dasar.  


Keywords


instrumen penilaian autentik, keterampilan berbahasa tulis, laporan buku, pantun dan syair

References


Abidin, Yunus. 2013. Pengembangan Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Disertasi. Bandung: PSS UPI (Tidak Diterbitkan).

Abidin, Yunus. 2016. Revitalisasi Penilaian Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Depdiknas (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Deporter, Bobby, dkk. 2014. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.

Fadliyatis, Kukuh, dkk. 2016. Pengembangan Instrumen Penilaian Asesmen Autentik Keterampilan Menulis Teks Cerpen dan Teks Fabel untuk Siswa SMP/MTS yang Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Vol 1 Bln. Maret, 421-427. Diambil dari http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6168/2609 (2 Juli 2016).

Jauhari, Hari. 2013. Terampil Mengarang. Bandung: Nuansa Cendikia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Dokumen Kontrol: Kebijakan dan Dinamika Perkembangan Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Kosasih, E. 2014. Jenis-jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik:Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: PT. RajaGrafindo.

Kusmana, Suherli. 2014. Kreativitas Menulis. Yoguakarta: Ombak

Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Majid, Abdul. 2014. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mueller,J. 2008. Authentic Assessment Toolbox: North Central Collegehttp://www.-noctrl.edu/, Naperville, http:/ / jonathan-mueller.faculty.noctrl.edu/toolbox/index.-htm. Diunduh 27 Agustus 2017.

Nurgiyantoro B. & Suyata P. 2009. Pengembangan Model Penilaian Authentic Assessment dalam Pembelajaran Bahasa. Diakses pada tanggal 17 September, 2016 dari: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/Pengembangan%20Mode%20Penilaian%20Otentik%20dalam%20Pembelajaran%20Bahasa.pdf

Nurgiyantoro B. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Putri, A. C. (2015). Pelaksanaan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 4 Wates Kabupaten Kulon Progo. Skripsi. Yogyakarta: UNY (Tidak diterbitkan)

Rahmawati, E.L.& Fatimah N. 2014. Pengembangan Model Penilaian Autentik Kompetensi Berbicara. Diakses pada tanggal 15 September, 2016 dari http://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/view/727/458.

Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Penilaian Autentik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Semi, M. Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Penelitian Tindakan, Penelitian Evaluasi. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, 2010. Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya dan Program Pascasarjana UPI.

Suprananto, Kuseri. 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tarigan, H. Guntur. 2013. Menulis Sebagai Sesuatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tombari M. & Borich Gary. 1999. Autentic Assessment in the Classroom: applications and practice. Upper Saddle River, NJ: Merrill/Prentice Hall.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Prajitno, S.& Mulyantini, S. 2008. Learning to Teach (Arends, I. Richard). Yogyakarta: PT. Pustaka Pelajar. (buku original diterbitkan tahun 2007).

Purwanto, Ngalim. 2010. Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Putra, Nusa. 2015. Research & Development: Penelitian dan pengembangan : suatu pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jt.v8i1.2679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Tuturan
execute(); ?>