PENGARUH PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH, PELAKSANAAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN, DAN PELAKSANAAN TINDAK LANJUT HASIL PEMERIKSAAN TAHUN SEBELUMNYA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi pada seluruh Dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten dan Kota Cirebon)

TIKA SEPTIANI

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan bahwa penerapan sistem akuntansi keuangan daerah, pelaksanaan sistem pengendalian intern, dan pelaksanaan tindak lanjut hasil pemeriksaan laporan keuangan tahun sebelumnya mempunyai pengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pada Dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten dan Kota Cirebon.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey penjelasan (explanatory survey method) dengan tipe hubungan antara variabel yang diteliti adalah hubungan kausalitas. Variabel dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis jalur. Data yang terkumpul diperoleh melalui penyebaran kuesioner dengan responden Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) dan auditor (Inspektorat). Sedangkan variable pelaksanaan tindak lanjut hasil pemeriksaan menggunakan data sekunder yang bersumber dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Audit internal tahun 2010.

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan tingkat signifikansi 5%, hasil studi pada seluruh Dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten dan Kota Cirebon menyatakan bahwa penerapan sistem akuntansi keuangan daerah, pelaksanaan sistem pengendalian intern, dan pelaksanaan tindak lanjut hasil pemeriksaan laporan keuangan tahun sebelumnya secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Secara parsial penerapan sistem akuntansi keuangan daerah, dan pelaksanaan sistem pengendalian intern, berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan. Sedangkan pelaksanaan tindak lanjut hasil pemeriksaan tahun sebelumnya berpengaruh negatif secara statistik pada alpha 5% tidak signifikan terhadap kualitas laporan keuangan.

 

 

Kata kunci: Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Sistem Pengendalian Intern, Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan, Kualitas Laporan Keuangan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Abdul Halim, 2012, Akuntansi Sektor Puplik: Akuntansi Keuangan Daerah, Salemba Empat

Bahtiar Arif, Muchlis, dan Iskandar, 2009, Akuntansi Pemerintahan, Akademia

Bastian Indra, 2007, Sistem Akuntansi Sektor Publik, Jakarta: Salemba Empat

Bastian indra, 2007, Audit Sektor Publik, Jakarta: Salemba Empat

BPK-RI, 2004, Himpunan Undang-Undang Bidang Keuangan Negara, Jakarata: P3KN

BPK RI, 2009, Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester I tahun 2009, Jakarta

Committee of Sponsoring Organization of The Treadway Commisions (COSO). Internal Control – Integrated Framework, 2011.

Dyah Setyaningrum, 2012, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Audit. SNA XV Banjarmasin

Hall, James A., 2008, Accounting Information Systems, fourth Edition, Thomson, South-Western

Husein Umar, 2003, Metode Riset Akuntansi Terapan, Ghalia Indonesia

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE

Indriasari, Desi dan Ertambang Nahartyo. 2008. Pengaruh kapasitas sumberdaya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, dan pengendalian intern akuntansi terhadap nilai informasi pelaporan keuangan pemerintah daerah (studi pada pemerintah kota palembang dan kabupaten ogan ilir). SNA XI Pontianak

Mardiasmo, 2009, Akuntansi Sektor Publik, Yogyakarta: Andi Yogyakarta

Meda Yulianti, 2010, Peran Audit Internal dan Sistem Pengendalian Intern Hubungannya Dengan Keandalan Laporan Keuangan. Tesis, tidak dipublikasikan. Program Pascasarjana Unpad. Bandung.

Muindro Renyowijiyo, 2008, Akuntansi Sektor Publik; organisasi non-laba, mitra Wacana Media, Jakarta

Nurhayati soleha, 2011, Sistem Akuntansi Keuangan Daerah dan Aktivitas Pengendalian Hubungannya Dengan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah. Thesis, tidak dipublikasikan. Program Pascasarjana Unpad. Bandung.

Nurlan Darise, 2008, Akuntansi Keuangan Daerah: Akuntansi Sektor Publik, Indes, Jakarta

Peraturan Mentri Dalam Negri No.13 tahun 2006 Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah

Peraturan Mentri Dalam Negri No.59 tahun 2007 Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah

Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan

Sawyer, B Lawrence. 2005. Audit Internal Sawyer, Terjemahan Adidat Sarman dan Bambang Pramono. Salemba Empat, Jakarta.

Sekaran, Uma, 2010, Research Method for Business: a Skill Building Approach, New York: John Wiley & Sons Inc.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.

The IIA. 2009. Code Ethics. Melalui www.theiia.org

Tuasikal, Askam. 2008. Pengaruh Pengawasan, Pemahaman Sistem Akuntansi Keuangan Dan Pengelolaan Keuangan Terhadap Kinerja Unit Satuan Kerja Pemerintah Daerah. Dipublikasikan dalam jurnal Finance & Banking Vol: 10 No: 1.

Winidyaningrum, C., dan Rahmawati. 2010. Pengaruh sumberdaya manusia dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap keterandalan dan ketepatwaktuan pelaporan keuangan pemerintah daerah dengan variabel intervening pengendalian intern akuntansi. SNA XIII Purwokerto

United States Government Accountability Office (GAO), 2007 revision. Melalui www.gao.gov

http://www.bpk.go.id


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>