HUBUNGAN PARTISIPASI PETANI DENGAN PROGRAM UPAYA KHUSUS PENINGKATAN PRODUKSI PADI, JAGUNG DAN KEDELE (UPSUS PAJALE) (Kasus Di Desa Kubangpari Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes)

Yan Akhmad Fauzi, Dukat Dukat

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) partisipasi petani dalam perencanaan dengan program upaya khusus peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai, 2) hubungan partisipasi petani dalam pelaksanaan dengan program upaya khusus peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai, (3) hubungan partisipasi petani dalam pemantauan dan evaluasi dengan program upaya khusus peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai, (4) hubungan partisipasi petani dalam pemanfaatan hasil dengan program upaya khusus peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai, dan (5) hubungan partisipasi petani dengan program upaya khusus peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai. Penelitian dilakukan di Desa Kubangpari, Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes, dari bulan September sampai Oktober 2016.

Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survey. Pengumpulan data primer diperoleh melalui wawancara, dan data sekunder diperoleh dari instansi yang ada kaitannya dengan penelitian ini. Untuk mengetahui hubungan antara variabel penelitian digunakan Uji korelasi jenjang Spearman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat hubungan yang rendah dan nyata antara partisipasi petani dalam perencanaan program dengan Upaya Khusus Padi Jagung dan Kedele (Upsus Pajale), dengan nilai rs = 0,375 dan nilai thitung sebesar 3,023, (2) terdapat hubungan yang rendah dan nyata antara partisipasi petani dalam pelaksanaan program dengan Upaya Khusus Padi Jagung dan Kedele (Upsus Pajale), dengan nilai rs = 0,335 dan nilai thitung sebesar 2,658, (3) terdapat hubungan yang rendah dan nyata antara partisipasi petani dalam pemantauan dan evaluasi program dengan Upaya Khusus Padi Jagung dan Kedele (Upsus Pajale), dengan nilai rs = 0,341 dan nilai thitung sebesar 2,719, (4) Terdapat hubungan yang rendah dan nyata antara partisipasi petani dalam pemanfaatan hasil program dengan Upaya Khusus Padi Jagung dan Kedele (Upsus Pajale), dengan nilai rs = 0,344 dan nilai thitung sebesar 2,738, dan (5) terdapat hubungan yang rendah dan nyata antara partisipasi petani dengan Upaya Khusus Padi Jagung dan Kedele (Upsus Pajale), dengan nilai rs = 0,526 dan nilai thitung sebesar 4,627.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daniel, Moehar., Darmawati dan Nieldalina. 2006. PRA Participatory Rural Appraisal Pendekatan Efektif Mendukung Penerapan Penyuluhan Partisipatif dalam Upaya Percepatan Pembangunan Pertanian. Bumi Aksara. Jakarta.

Endang Lastinawati. 2011. Partisipasi Petani Dalam Pelaksanaan Program Upaya Khusus Peningkatan Produktivitas Padi, Jagung dan Kedelai Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes. Jurnal Agribisnis Tahun 2011

Faisal Kasryono. 2001. Suatu Altematif Pembangunan Ekonomi Pedesaan Prospek Pembangunan Ekonomi Pedesaan Indonesia. Yayasan Obor. Jakarta.

Harahap dan Subhilhar. 1998. Partisipasi Masyarakat Nelayan Dalam Pengelo-laan Hutan Mangrove. Laporan Penelitian. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara. Medan.

Hermanto, F. 2003. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya, Jakarta.

Husodo, S., 2006. Partisipasi Petani dalam Kegiatan DAFEP di Kabupaten Bantul. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, Vol 2, No. 1.

Kridanto Priyo Digdo. 2012. Pengaruh Program Upaya Khusus Peningkatan Produktivitas Padi, Jagung dan Kedelai (Upsus Pajale) terhadap Partisipasi Kelompok Tani dalam Meningkatkan Pendapatan Petani (Studi Kasus di Desa Sumber Lor dan Kudukeras Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon. Mardikanto T. 2009. Sistim Penyuluhan Pertanian. Sebelas Maret University Press. Surakarta.

Nurlina Harahap. 2010. Pengaruh Program Kredit Ketahanan Pangan terhadap Partisipasi Kelompoktani Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Petani (Studi Kasus di Desa Tanjung Rejo Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara.

Peraturan Menteri Nomor 3/Permentan/ OT.140/2/2015 Tentang Pedoman Upaya Khusus Padi, Jagung dan Kedelai melalui Program Perbaikan Jaringan Irigasi Sarana Pendukungnya Tahun Anggaran 2015.

Slamet M. 2003. Membentuk Pola Perilaku Manusia Pembangunan, IPB Press, Bogor.

Soetrisno Loekman. 2002. Paradigma Baru Pembangunan Pertanian. Kanisius. Yogyakarta.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.