STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA RUMAH MAKAN SEGA JAMBLANG “MANG DUL”

Ade Rizqi Rahmawati, Eviyati Eviyati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi bisnis Rumah Makan Sega Jamblang “Mang Dul” serta Menganalisis dan merumuskan strategi pengembangan usaha yang sesuai dengan Rumah Makan Sega Jamblang “Mang Dul”. Responden dalam penelitian ini berjumlah enam orang, yang terdiri dari tiga orang dari pihak internal dan tiga orang dari pihak eksternal. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu mengidentifikasi faktor - faktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi Rumah Makan Sega Jamblang “Mang Dul” dengan menggunakan matriks IFE dan EFE. Kemudian merumuskan alternatif strategi pengembangan usaha berdasarkan kondisi internal dan eksternal yang dihadapi dengan menggunakan matriks IE dan matriks SWOT. Tahap terakhir yaitu merekomendasikan strategi terbaik bagi perusahaan dengan menggunakan QSPM.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan usaha rumah makan sega jamblang “Mang Dul” menggunakan pendekatan diagram Cartessius hasilnya adalah berada pada kuadran I, yakni SO (Strenght-Opportunity) artinya strategi yang digunakan adalah strategi dengan prioritas strategi utama adalah strategi SO-1 (Strenght-Opportunity 1) yaitu melakukan promosi yang lebih gencar melalui penyebaran brosur dan pemasangan papan nama di jalan-jalan utama.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alamsyah Y. 2008. Bangkitnya Bisnis Kuliner Tradisional: Meraih Untung dari Bisnis Masakan Tradisional Kaki Lima sampai Restoran. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Alfred D. Chandler Jr. 1996. Strategy and Structure: Chapters in The History of The Industrial Enterprise. Cambridge Mass: MIT Press

David FR. 2006. ManajemenStrategis: Konsep. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Rangkuti F. 2003. Analisis SWOT Teknik Membedah Analisis Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Serdamayanti. 2013. Restrukturisasi dan Pemberdayaan Organisasi Untuk Menghadapi Dinamika Perubahan Lingkungan. Bandung: Refika Aditama

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta

Wikipedia. Tentang Nasi jamnblang Kota Cirebon Akses 15 Juni 2016. https://id.wikipedia.org/wiki/Sega_jamblang


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>