ANALISIS FINANSIAL USAHA PENANGKAPAN IKAN LAUT DI DESA MERTASINGA KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON

Achmad Faqih, Kordiana K Rangga

Sari


Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui biaya, penerimaan dan pendapatan usaha penangkapan ikan laut, (2) Untuk mengetahui kelayakan usaha penangkapan ikan laut. Penelitian telah dilaksanakan di Mertasinga  Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon dari bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2019.

Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel secara sensus pada para nelayan ikan laut di Mertasinga  Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon dengan jumlah respon den sebanyak 31 orang. Analisis data yang digunakan untuk mengidentifikasi kelayakan usaha antara lain besarnya biaya, penerimaan, pendapatan, Revenue Cost Ratio (R/C ratio), Break Even Point (BEP) produk dan harga.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha penangkapan ikan laut oleh responden mengeluarkan rata-rata biaya produksi penangkapan ikan laut sebesar Rp 1.456.918 per satu kali operasi penangkapan ikan. Total penerimaan yang diterima nelayan ikan laut adalah sebesar Rp 2.920.177. Besarnya pendapatan yang diperoleh nelayan ikan  laut adalah sebesar Rp 1.463.258. Nilai R/C rasio sebesar 2.00 artinya bahwa usaha penangkapan ikan laut tersebut menguntungkan, karena nilai R/C rasio lebih besar dari 1. Nilai B/C Rasio sebesar 1.00. Besarnya titik impas atau Break Event Point (BEP) Produksi yaitu sebanyak ikan pirit 34 kg, pada ikan petek 61 kg, pada ikan teri 48 kg, pada ikan bawal 4 kg, pada ikan talang 6 kg, dan pada ikan sontong 3 kg. Sedangkan, besarnya titik impas atau Break Event Point (BEP) Harga yaitu sebesar ikan pirit Rp.6.511 per kg, ikan petek Rp.6.400 per kg, ikan teri Rp.6.445 per kg, ikan bawal Rp.6.396 per kg, ikan talang Rp.6.299 per kg, ikan sontong Rp.6.299 per kg.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Dwiponggo, 1992. Pemanfaatan dan Pengelolaan Optimal perikanan Laut dalam Pembangunan Jangka Panjang (PJP) II. Dalam : Prosiding Forum II Perikanan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan. Jakarta.

Harmono dan Agus Andoko. 2005. Peluang Bisnis. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Kadarsan, H. W. 1995. Keuangan Pertanian dan Pembiayaan Perusahaan Agribisnis. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Kasmir dan Jakfar. 2016. Studi Kelayakan Bisnis. Prenada Media Group. Jakarta.

Layli, N, 2006, Identifikasi Jenis- jenis Ikan Teleostei yang Tertangkap Nelayan diperairan Pesisir Kota Semarang, Skripsi; Program Studi Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negri Semarang, Semarang.

Riyanto, 1997. Dasar-dasar Pembelajaran Perusahaan, Edisi 4. BPFE, Yogyakarta

Sialen Sofar, Widiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Sosial untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. In Media. Jakarta.

Suratiyah, K. 2009. Ilmu Usaha. Penebar Swadaya. Jakarta.

Sofyan Ilyas dan Fuad Cholik, 1992. Strategi Penelitian untuk Mendukung Pengelolaan dan Pengembangan Perikanan dalam PJP II. Dalam : Prosiding Temu Karya Ilmiah Pikiran Rakyat. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan. Jakarta.

Tuwo, Muhammad Akib. 2011. Teori dan Aplikasi Menuju Sukses. Unhalu Press. Kendari.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>