PENGARUH FAKTOR SOSIAL EKONOMI TERHADAP PENDAPATAN PENGUSAHA IKAN ASIN (KASUS DI KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON)

Nurliana Harahap, Hilmy Awalu Faizien

Sari


Usaha pengolahan ikan asin di Kecamatan Gunung Jati dapat dijumpai di Desa Grogol dan Desa Mertasinga yang jika digabungkan terdapat 17 rumah usaha pengolahan ikan Asin. Usaha pengolahan ika asin di Kecamatan Gunung Jati merupakan usaha utama dari sebagian masyarakat di daerah tersebut terutama daerah aliran sungai Bondet. Para pengusaha di Kecamatan Gunung Jati rata-rata perhari memproduksi 1,5 3 kwintal ikan untuk diolah menjadi ikan asin. Jumlah ikan yang diolah tergantung dari hasil tangkapan nelayan. Permintaan ikan asin yang tinggi disebabkan karena ikan asin dibutuhkan baik untuk dikonsumsi, industri maupun untuk dijual kembali. Banyaknya masyarakat yang menyukai ikan asin dan jumlah produksi yang besar menjadi perhatian peneliti untuk mengetahui faktor sosial dan ekonomi yang mempengaruhi pendapatan pengusaha ikan asin di Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Faktor sosial ekonomi seperti umur, tingkat pendidikan, pengalaman usaha, modal dan tanggungan keluarga secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap pendapatan pengusaha ikan asin di Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon, (2) Faktor sosial ekonomi seperti umur, tingkat pendidikan, dan pengalaman usaha secara parsial berpengaruh terhadap pendapatan pengusaha ikan asin di Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon. Sedangkan faktor sosial ekonomi seperti modal dan tanggungan keluarga tidak berpengaruh terhadap pendapatan pengusaha ikan asin di Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Faqih, 2010. Kependudukan: Teori, Fakta, dan Masalah. Dee Publish. Yogyakarta

Amron dan Taufik Imran. 2009. Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja pada Outlet Telekomunikasi Seluler Kota Makasar. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nobel Indonesia.

Badan Pusat Statistik. 2018. Kabupaten Cirebon Dalam Angka 2018.

Bambang Riyanto. 1998. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi 4. BPFE.

Yogyakarta

Becker, Gary Stanley.1993. Human Capital : a theoretical and empirical analysis, with special reference to education 3rd edition. London : The University of Chicago Press, Ltd.

Dinas Kelautan dan Perikanan. 2018. Data Hasil Tangkapan Ikan Laut Menurut Jenis Ikan Tahun 2016. Dinas Kelautan dan Perikanan. Kabupaten Cirebon.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. 2018. Jumlah Penduduk Menurut Kecamatan Tahun 2016. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Cirebon.

Fahmi Irham. 2012. Manajemen Produksi Dan Operasi. Alfabeta. Bandung

Kartasapoetra, A.G. 1994. Teknologi Penyuluhan Pertanian. Bumi Aksara. Jakarta

Reksoprayitno. 2004. Sistem Ekonomi dan Demokrasi Ekonomi. Bina Grafika. Jakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.