ANALISIS USAHATANI POLA TANAM GANDA (POLIKULTUR) (Kasus Di Desa Bakung Lor, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon)

ACHMAD FAQIH

Sari


Penelitian dilaksanakan di Desa Bakung Lor Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon, umumnya para petani mengusahakan pertanian dengan sistem polikultur. Komoditi yang diusahakan secara polikultur  tersebut yaitu mentimun, emes, kacang panjang, jagung dan kacang tanah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui besarnya biaya dalam proses produksi dan pendapatan yang diperoleh petani melalui sistem bertanam polikultur di Desa Bakung Lor Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Pemilihan lokasi ini dilakukan secara purposive, dengan pertimbangan bahwa keadaan daerah tersebut merupakan lahan untuk pengembangan usahatani polikultur.

Untuk mengetahui kelayakan usahatani sistem polikultur, maka data yang terkumpul dianalisis permusim tanam, analisis pendapatan, analisis imbangan penerimaan dan biaya (Revenue and Cost ratio atau disingkat dengan R/C ratio) dan analisis tingkat efisiensi penggunaan modal atau Returned of Invesment (ROI)

Hasil penelitian menunjukkan, bahwa : (1) Biaya variabel yang berupa biaya tenaga kerja menempatan urutan teratas yang besarnya mencapai (70,8 %) pada periode April – Juli 2007 dan (74,2 %) pada periode Agustus – Nopember 2007, (2) Penerimaan Usahatani Pola Tanam Ganda periode April – Juli 2007 dan Agustus – Nopember 2007 tertinggi dicapai oleh pola tanam ganda mentimun + Ubi Kayu, (3) Pendapatan Bersih Usahatani Pola Tanam Ganda tertinggi pada periode bulan April – Juli 2007 dicapai oleh pola tanam ganda Ubi Jalar + Kc. Hijau, sedangkan pada periode bulan Agustus – Nopember 2007 komoditi Mentimun + Ubi Kayu, (4) Nilai RC tertinggi pada periode bulan April – Juli 2007 dicapai oleh komoditi kombinasi Ubi Jalar + Kc. Hijau yaitu 2,33 dengan nilai ROI 132,7 %, sedangkan pada periode Agustus – Nopember 2007 dicapai oleh pola tanam ganda komoditi mentimun + ubi kayu  yaitu 2,13  dengan nilai nilai ROI sebesar 112,8  %.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>