STRATEGI PEROLEHAN RATING & SHARE MELALUI ANALISA MBM TERHADAP PROGRAM INFOTAINMENT DAN NEWS DI INDOSIAR

Adrian Ingratubun

Abstract


Media televisi sejauh ini merupakan media massa yang telah menjadi sarana pemenuhan waktu luang sebuah bangsa. Ia juga telah menjadi sarana atau alat pemasaran yang efektif. Sebuah perusahaan menghabiskan ratusan juta hingga miliaran rupiah untuk merangsang kebutuhan audience terhadap produk-produk yang dijajakan. Untuk itu, tujuan dari hampir seluruh program televisi ialah menarik sebanyak mungkin audience. Makin banyak audience, makin tinggi rate (nilai/harga) slot iklan, makin tinggi pendapatan, dan makin tinggi keuntungannya. Singkatnya, tidak ada penonton, tidak ada iklan, tidak ada keuntungan, tidak ada penyiaran (Andi Fachruddin, 2016: P.47). Dalam stasiun televisi memiliki program yang saling berlomba lomba untuk mendapatkan rating & share yang tinggi, dimana salah satu cara untuk meningkatkan rating & share yaitu menggunakan teknik analisis minute by minute (MBM). Melalui minute by minute (MBM), berguna untuk mendalami pada saat kapan (moment) sebuah program mengalami lonjakan rating yang tinggi biasanya data program yang terekam disajikan dalam bentuk satuan terkecil yaitu menit. Dalam program infotaiment dan news, sama-sama memiliki unsur kreatifitas dimana salah satunya meningkatkan program menjadi lebih baik dengan menggunakan teknik analisa MBM yang dapat mengetahui kelemahan dan kelebihan dalam setiap masing-masing program. Selain itu, untuk dapat menganalisa program Infotainment dan News, maka perlu dibuat suatu  strategi yang dapat menopang sistem  programming suatu program acara yaitu dengan strategi head to head dalam pemilihan jam tayang, sehingga program infotaiment dan news sudah menempatkan jam tayang yang sesuai dan tidak merubahnya lagi, artinya jam tayang infotainment dan news tetap berada pada slot prime time di Indosiar.

 

Kata Kunci: Strategi, Rating, Share, Infotainment, News,  MBM


References


Arivin, Eva, 2010. . Broadcasting to be a broadcaster. Edisi Pertama/Cetakan Pertama. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Creswell. John.W, 2010. Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Cetakan I. Penerbit : Pustaka Pelajar, Yogjakarta.

Fachruddin, Andi, 2012. Dasar-Dasar Produksi Televisi; Produksi Berita, Feature, Laporan Investigasi, Dokumenter, dan Teknik Editing, Cetakan ke. 1. Penerbit : Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Fachruddin, Andi, 2016. Manajemen Pertelevisian Modern. Penerbit : CV, Andi Offset, Yogyakarta.

KN, Mabruri, Anton, 2013. Panduan Penulisan Naskah TV, Format Acara Non Drama, Nwes & Sport. Cetakan Pertama. Penerbit : PT Grasindo, Jakarta

Kriyantono, Rachmat, 2008. Teknik Praktis, Riset Komunikasi Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta Edisi : 1. Cetakan ke 3, Penerbit : Kencana Prenada Media Group.

Latief, Rusman, Yustiatie Utud, 2015. Siaran Televisi Non Drama. Kreatif, Produksi, Public Relations, dan Iklan. Penerbit : Prenadamedia Group, Jakarta.

Latif, Rusman, Yustiatie Utud, 2017. Menjadi Produser Televisi. Profesional Mendesain Program Televisi.

Latif, Rusman, 2020. Panduan Produksi Acara Televisi Non Drama. Ide, Format, Sistem Kerja, Kerabat Kerja, Naskah, Tata Rias, dan Acuan Dasar Kamera. Penerbit : Prenadamedia Group, Jakarta

M.A, Morissan, 2011. Manajemen Media Penyiaran. Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Edisi Revisi, Cetakan Ke-3. Kencana, Prenada Media Group, Jakarta.

Panjaitan, E.L, 2006. Matinta Rating Televisi: Ilusi sebuah Netralitas, Jakarta

Soenarto, RM, 2007. Program Televisi: Dari Penyusunan sampai Pengaruh Siaran. IKJ Press, Jakarta.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Penerbit : CV. Alfabeta, Bandung.

Syaputera Iswandi, 2006. Jurnalistik Infotainment; Kancah Baru Jurnalistik dalam industri Televisi. Penerbit : Pilar Media, Yogyakarta

Vincent, Mosco, 2009. The Political Economy of Communication. London: Sage Publication

Wibowo, Fred, 2007. Teknik Produksi Program Televisi. Cetakan Pertama. Penerbit : Pinus Book Publisher, Yogyakarta.

Zettl, Herbert, 2003. Television Production Handbook. San Fransisco State University. Thonson Wardsworth.

Journal :

Kanthy Mayangsari, Nanag Krisdinanto, Finsensius Yudi Purnama, 2014. Implementasi Share dan Rating sebagai dasar Kebijakan Pemrograman Yuk Keep smile (YKS) Trans TV. Jurnal Ilmu Komunikasi Volume Nomor 2 Desember 2014;

Sri Pangestuti, Atika Tyas Utami, 2008. Pola Kerja Jurnalis Infotainment (Studi Kualitatif pada PT. Bintang Advis Multinedia, Creative Indigo Production dan PT. Shandika Widya Cinema, Jakarta). Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 6, Nomor 3, September - Desember 2008




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v11i1.8271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>