Audit Proses Komunikasi dalam Rangkaian Beasiswa GenBI di UPN "Veteran" Jawa Timur

Shafira Amelia Salsabila, Shabrina Rahmadita Budisusila, Nada Fitra Nabila, Dyva Claretta

Abstract


Pendidikan merupakan aspek paling penting dari suatu negara karena kualitas sumber daya manusia dari suatu negara mempunyai kaitan yang erat dan juga dipengaruhi oleh kualitas pendidikan sehingga bidang pendidikan perlu mendapatkan perhatian khusus baik dari masyarakat, perusahaan, maupun pemerintah. Perusahaan dapat turut serta berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan melalui program CSR pendidikan. Salah satu perusahaan yang secara aktif memberikan kontribusinya dalam dunia pendidikan adalah Bank Indonesia melalui program beasiswa GenBI. Hingga saat ini, GenBI telah memiliki 10.545 penerima beasiswa yang juga tergabung dalam komunitas GenBI. Sebagai kegiatan yang melibatkan banyak orang dalam pelaksanaanya, program beasiswa ini tentunya melibatkan proses komunikasi antara awardee dengan person in charge (PIC) yang ditunjuk oleh GenBI. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi dalam kegiatan para penerima beasiswa GenBI di UPN “Veteran†Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Untuk memperoleh data, teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara dan dokumentasi pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian menunjukkan bahwa proses komunikasi antara awardee beasiswa GenBI di UPN “Veteran†Jawa Timur dengan person in charge (PIC) masih terdapat beberapa permasalahan antara lain komunikasi yang cenderung bersifat satu arah dan tidak teratur sehingga masih diperlukan perbaikan dan pengoptimalan.

References


Aditya, D. A. (2011). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Perusahaan (Studi Di PT Sidomuncul Semarang). https://lib.unnes.ac.id/5791/

Bİrİm, B. (2016). Evaluation of corporate social responsibility and social media as key sources of strategic communication. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 235(October), 70–75. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.11.026

Chou, A., & Newman, K. (2014). How and Why Multinational Corporations Pursue CSR Strategies : The Case of Nestle in China.

Cook, K. S., Cheshire, C., Rice, E. R. W., & Nakagawa, S. (2013). Social Exchange Theory. 61–88. https://doi.org/10.1007/978-94-007-6772-0

Jumadiah, Manfarisyah, Sastro, M., & Herinawati. (2018). Penerapan Prinsip Corporate Social Responsibility Di Provinsi Aceh. Unimal Press, 2.

Mentari, R. A. (2013). Implementasi Corporate Social Responsibility (Csr) pada Pendidikan. Universitas Negeri Surabaya.

Mighfar, S. (2015). SOCIAL EXCHANGE THEORY : Telaah Konsep George C. Homans Tentang Teori Pertukaran Sosial. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 9(2), 259–282. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v9i2.98

Nurjanah, N., Wirman, W., & Yazid, T. P. (2016). Implementasi Program Coorporate Social Responsibility (Csr) Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Riau. Jurnal Ilmu Komunikasi, 197–211.

https://jkms.ejournal.unri.ac.id/index.php/JKMS/article/download/4750/4489

Pt, C. S. R., Indonesia, H., Cilacap, T., Nurjanah, A., Yulianti, F., Komunikasi, J. I., & Yogyakarta, U. M. (2019). PELAKSANAAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY ( CSR ) DAN KOMUNIKASI CSR ( Studi Kasus : CSR Delegation European Union To Malaysia dan Business. 12(1), 93–107.

Triyanto, Dwi. (2013). Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (Csr) Di Bidang Pendidikan Pt. Hino Motors Sales Indonesia (Pt. Hmsi).

https://eprints.uny.ac.id/26665/1/

Wilda, Y. A., & Sunoko, A. (2020). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Meningkatkan Mutu Kualitas Pendidikan SMK NU Banat Kudus. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 5(2), 169-182.

Yuliana, I., Djalaluddin, A. (2019). Corporate Social Responsibility. Malang: UIN-Maliki Press




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v11i1.7861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>