PENERAPAN KONSEP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM MENGEMBANGKAN UMKM MELALUI PROGRAM BRINCUBATOR

Sharon Rose Widjaja, Susilowati Natakoesoemah

Abstract


CSR dilakukan sebagai bentuk kesadaran perusahaan untuk melakukan tanggung jawab terhadap masyarakat ataupun lingkungan sekitar operasional perusahaan. PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang merupakan perusahaan di industri perbankan yang memiliki fokus di bidang bisnis mikro, membentuk kegiatan CSR untuk mengembangkan UMKM melalui kolaborasi dengan Desk Inkubasi dengan Program BRIncubator. Program ini bertujuan mengembangkan UMKM untuk melakukan ekspor serta membentuk Digital Economy Ecosystem sesuai dengan arahan Kementerian BUMN. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui bagaimana penerapan CSR serta prinsip-prinsip CSR yang dilakukan untuk mengembangan UMKM. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan pencarian data primer melalui wawancara semi struktur serta melakukan riset melalui data perusahaan, buku, jurnal dan situs web. Hasil penelitian yang didapat adalah pengembangan UMKM yang dilakukan oleh Program BRIncubator dalam penerapan CSR masih sulit dilakukan oleh UMKM, sehingga UMKM melakukan CSR dengan cara melakukan produksi produk dengan bahan ramah lingkungan. Prinsip-prnsip CSR yang telah dilaksanakan dengan baik walaupun masih kurang dalam hal pemberitahuan secara langsung terkait pelatihan UMKM merupakan bagian dari CSR perusahaan. Selanjutnya untuk pengembangan UMKM terdapat beberapa kendala dari pihak eksternal yang masih belum melek teknologi sehingga menghambat pelatihan UMKM, disarankan pelatihan UMKM untuk dipecah kelasnya agar sesuai dengan kemampuan UMKM mengenai digitalisasi serta perlu adanya pengkomunikasian mengenai Program BRIncubator merupakan bagian dari CSR Bank BRI.

Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Komunikasi Korporat, UMKM

 


References


Akram, Basuki, P., & Budiarto. (2017, Oktober). Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Kualitas Audit, Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Integritas Laporan Kuangan. Vol. 2, No. 1, 95-12.

Abdurrahman, O. (2008). Dasar - Dasar Public Relations. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Argenti, P. A. (2010). Komunikasi Korporat. Jakarta: Salemba Humanika.

Artanti, A. A. (2020, 09 09). Media Indonesia. Retrieved from UMKM Pahlawan Pada Masa Covid-19: https://mediaindonesia.com/read/detail/343520-umkm-pahlawan-pandemi-covid-19

Burgin, B. (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Coombs, T. W., & Holladay, S. J. (2012). Managing Corporate Social Responsibility: A Communication Approach. UK: A John Wiley & Sons, Ltd.

Cornelissen, J. (2011). Corporate Communication: A Guide to Theory and Practice. London: Sage Publication.

Hadi, N. (2011). Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ishaq, E. R. (2017). Public Relations Teori & Praktik. Jakarta: Intrans Publishing.

Kotler, P., & Lee, N. (2005). Corporate Social Responsibility: DOing the Most Good for Your Company and Your Cause. USA: John WIley and Sons, Ltd.

Mardikanto, T. (2014). CSR Corporate Social Responsibility. Bandung: Afabeta.

Nazir, M. (2008). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rusdianto, U. (2013). CSR Communication: A Framework for PR Practioners. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ruslan, R. (2010). Manajemen Public Relations dan media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Raja Persada Grafindo.

Sutawidjaya, S. &., & Hidayat, A. (2012). Analsis Krisis Pada Organisasi Berdasarkan Model Anatomi Krisis dan Prespektif Public Relations. Journal Communication Spectrum, Vol. 2(2), 165-185.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta

Wahyudi, I., & Azheri, B. (2008). Corporate Social Responsibility: Prinsip, Pengaturan dan Implementasi. Malang: In-Trans Publishing.

Whitener, E., & al, e. (1998). Managers As Initiators of Trust: An Exchange Relationship Framework for Understanding Managerial Trustworthy Behavior. The Academy of Management Review, 513-530.

Deandra Syarizka. 2019. “Persaingan Dagang-El Kian Ketat, Shopee Tetap Gencar Promosi.” Bisnis.Com, March 2019. https://teknologi.bisnis.com/read/20190324/266/903637/persaingan-dagangel-kian-ketat-shopee-tetap-gencar-promosi.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v9i2.5121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>