STRATEGI CSR HUMAS PT. SIDO MUNCUL DALAM MENGOPTIMALKAN PROGRAM CSR (STUDI KASUS PETANI MITRA DI KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG)

Dian Novita Kristiyani, Meilinda Maha Wardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab program CSR petani mitra kecamatan Bergas Semarang tidak berjalan maksimal, dan mengetahui startegi CSR yang dilakukan oleh humas PT. Sido Muncul dalam menangani program petani mitra yang tidak berjalan maksimal. Melalui metode penelitian kualitatif, data penelitian di kumpulkan dengan cara wawancara dan observasi. Target sasaran dalam penelitian ini yaitu petani mitra di Kecamatan Bergas Semarang. Pada hasil penelitian menunjukan bahwa penyebab program CSR petani mitra Kecamatan Bergas Semarang tidak berjalan karena sedikitnya sumberdaya petani mitra yang mengikuti program pembinaan. Sedikitnya petani mitra yang mengikuti program binaan disebabkan karena masyarakat Bergas Semarang lebih memilih bekerja menjadi pegawai pabrik ataupun menjadi guru dengan pendapatan yang lebih banyak. Dalam mengatasi hal tersebut, maka PT. Sido Muncul melakukan pemetaan sosial dan studi kelayakan bisnis untuk mengetahui program yang cocok dan sesuai untuk masyarakat Kecamatan Bergas. Sehingga dengan melakukan pemetaan sosial dan studi kelayakan bisnis maka ditemukan program yang sesuai untuk Kecamatan Bergas Semarang, yaitu berupa CSR desa wisata.

Kata-kata Kunci: Strategi CSR, Program CSR, Humas,  PT. Sido Muncul, Petani Mitra, Metodologi Kualitatif.


References


Company Profile PT. Industri Jamu & Farmasi Sido Muncul .Tbk.2018.

Dadang, Aditya A.2011. Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Perusahaan : Studi di PT. Sido Muncul Semarang, skripsi : Universitas Negeri Semarang.

Endah, Widowati.2013. Strategi dan Implementasi Kegiatan Corporate Social Responsibility Melalui Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan : Studi Deskriptif Kualitatif pada PT. Madubaru PG-PS Madukismo Yogyakarta, skripsi : UIN Sunan Kalijaga.

Hadi, Nor.2011. Corporate Social Responsibility, Yogyakarta: Graha Ilmu

Ishak, Asward, dkk.2011. Public Relations & Corporate Social Responsibility. Jakarta : ASPIKOM.

Kasmir dan Jakfar.2012. Studi Kelayakan Bisnis : Edisi Revisi, Jakarta : Kencana.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Rahman, Reza.2009. Corporate Social Responsibility antara Teori dan Kenyataan, Yogyakarta: Media Pressindo

Rudito, Bambang dan Melia Famiola.2013. Social Mappig : Metode Pemetaan Sosial, Bandung :Rekayasa Sains.

Soekanto, Soerjono.2002. Teori Peranan, Jakarta : Bumi Aksara

Sudarmadji dan Darmakusuma D.2014. Dampak Lingkungan dan Risiko Bencana Pengembangan Desa Wisata : Studi Kasus di Desa Wisata Sambi, jurnal: Universitas Gadjah Mada.

Sugiyono.2012. Metode Penelitian Kombinasi : Mixed Methods, Bandung : CV Alfabeta.

Suharto, Edi.2005. Pekerjaan Sosial di Dunia Industri: Memperkuat Tanggungjawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility), Bandung: Refika Aditama

Suliyanto.2010. Studi Kelayakan Bisnis : Pendekatan Praktis, Yogyakarta : Andi Yogyakarta.

Untung, Hendrik B.2009. Corporate Social Responsibility, Jakarta : Sinar Grafika.

Widjaja, Gunawan dan Yeremia, AP.2008. Resiko hukum dan Bisnis Perusahaan Tanpa CSR, Jakarta : ForumSahabat.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v9i1.4675

Refbacks

execute(); ?>