PEMANFAATAN QR CODE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN INFORMASI UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI CIREBON

Otto Fajarianto, Aghnia Dian Lestari, Dedet Erawati

Sari


Perkembangan teknologi komunikasi sangat berkembang pesat khususnya dalam kegiatan promosi dan informasi di Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon. Kolaborasi antara bidang tekonologi dan komunikasi dapat di terapkan melalui suatu media salah satunya dengan memanfaatkan QR Code Informasi mengenai profil dan kegiatan kampus dapat disajikan melalui suatu media tersebut untuk meningkatkan efektifitas dan efesiensi dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian ini adalah adanya perubahan dalam media promosi UGJ yaitu terbentuknya teknologi QR-Code sebagai alternatif memberikan informasi kepada masyarakat. Teknologi ini dapat memberikan informasi akurat dan sangat mudah dalam penggunaannya. Informasi yang akan diberikan cukup dicetak dalam bentuk gambar maupun di tampilkan di website lalu memfokuskan kamera smartphone hingga terkoneksi pada informasi yang dibutuhkan. Informasi cepat menyebar, dan tidak perlu menggunakan media cetak

Kata Kunci: QR Code, Promosi, Universitas Swadaya Gunung Jati


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, J. (2014). Metode Penelitian Komunikasi Dilengkapi Contoh dan Analisis Statistik. PT Remaja Rosdakarya.

Shimp, T. A. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat.

Rouillard, J. (2008). Contextual QR codes. Proc. - The 3rd Int. Multi-Conf. Computing in the Global Information Technology, ICCGI 2008 in Conjunction with ComP2P 2008: The 1st Int. Workshop on Computational P2P Networks: Theory and Practice, July 2008, 50–55. https://doi.org/10.1109/ICCGI.2008.25

Sari, P. K., Fajarianto, O., Rostini, D., & Safitri, Y. (2020, April). The Effect of Social Media on Reading Intensity of Fifth Grade Elementary School Students. In International Conference on Agriculture, Social Sciences, Education, Technology, and Health (ICASSETH 2019) (pp. 215-218). Atlantis Press.

Harimurti, E. R., Rostini, D., & Fajarianto, O. (2020). Educational Management for Baduy Tribe’s Children in Lebak Banten. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(8), 618-626.

Lestari, A. D., & Erawati, D. (2019). Proses Word Of Mouth Communications Sebagai Media Promosi Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon. Jurnal Signal, 7(2), 224-239.

Ahmad, A., Fajarianto, O., & Kusumanegara, S. (2020). International Journal of Education, Information Technology, and Others ( IJEIT ) The Usefulness Concept Of Social Arithmetics For Social Sciences Learning Outcomes. 3(2), 239–244. https://doi.org/10.5281/zenodo.3965705




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v9i1.4484

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License