PENGARUH IKLAN SHOPEE DI TELEVISI DALAM PEMBENTUKAN BRAND AWARENESS PLATFORM APLIKASI SHOPEE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN

Nurul Nursyecha, Yusuf Sapari, Ririn Risnawati

Abstract


Persaingan dunia bisnis menuntut suatu perusahaan untuk dapat bersaing secara kompetitif dan mempertahankan brand di mata konsumen pada era modernisasi. Salah satunya PT Shopee Internasional Indonesia yang memberikan informasi menarik kepada konsumen mengenai aplikasinya melalui media elektronik dengan menciptakan brand awareness yang akan selalu melekat di kalangan masyarakat terutama pada mahasiswa/i Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Cirebon. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh iklan Shopee (X) terhadap minat beli konsumen (Y), dengan brand awawreess sebagai varaiabel intervening (Z) atau tidak. Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan menggunakan metode survey eksplanatif. Teknik pengambilan sample menggunakan sampel nonprobability dan pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan error kesalahan 10% dari populasi 150 orang sehingga didapatkan 60 responden dengan menggunakan kuesioner. Responden ialah mahasiswa/i Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Cirebon yang menggunakan platform aplikasi Shopee. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Iklan Shopee (X) berpengaruh terhadap minat beli konsumen (Y) dengan melihat t-hitung (8,789)  lebih besar dari t-tabel (1,671) sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima berarti ada pengaruh secara linier antara pengaruh iklan Shopee terhadap minta beli konsumen, (2) Iklan Shopee (X) berpengaruh terhadap brand awareness platform aplikasi Shopee (Z) dimana nilai t-hitung (12,752) lebih besar dari nilai t-tabel (1,671) dimana hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima berarti ada pengaruh secara linier antara pengaruh iklan  Shopee (X) terhadap brand awareness platform aplikasi Shopee (Z); 3) Brand awareness platform aplikasi Shopee (Z) berpengaruh terhadap minat beli konsumen (Y)  dengan melihat t-hitung (12,633) lebih besar dari t-tabel (1,671) berarti ada pengaruh secara linier antara Brand Awareness terhadap minta beli konsumen, dan 4) Brand Awareness platform aplikasi Shopee (Z) memiliki hubungan erat antara pengaruh iklan (X) dan minat beli konsumen (Y) melihat nilai Beta hubungan pengaruh iklan ke Brand Awareness platform sebesar B (0,859) lalu nilai Beta hubungan antara platform aplikasi Shopee terhadap minat beli konsumen sebesar B (0,856) sehingga didapatkan nilai B seluruh (0,859 x 0,856 = 0,735) dengan total nilai pengaruh hubungan sebesar 0,859 + (-0,735)= 0,124. Hal ini berarti ada pengaruh secara tidak langsung antara pengaruh iklan Shopee terhadap minat beli konsumen dihubungkan dengan adanya Brand Awareness platform sebagai variabel intervening.

Kata kunci: pengaruh iklan, brand Awareness, minat beli konsumen, regresi linier.


References


Bittner, J.R. 1986. Mass Communication : an Introductions. 4Th

edition. Prentice Hall. New Jersey

Darwanto. 2007. Televisi Sebagai Media Pendidikan. Penerbit

Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar.

Penerbit PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Penerbit

Erlangga, Yogyakarta.

Cangara, Hafied. 2013. Perencanaan dan Komunikasi Pemasaran.

Penerbit PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Rakhmat, Jalaluddin. 2015. Metode Penelitian Komunikasi :

Analisis Statistik. PT Rosda Karya. Bandung.

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi: Serba Ada Serba Makna. Prenada

Media Group, Jakarta.

Jeffkins. Frank. 1997. Public Relations. Terjemahan. PT

Gramedia. Jakarta.

Kriyantono, Rachmat. 2014. Riset Komunikasi. Penerbit Kencana

Prenada Media Group, Jakarta.

Erwan dan Dyah. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Penerbit

Gava Media, Yogyakarta.

Sugiyono. 2017. Media Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

PT Alfabeta Bandung.

V. Wiratna Sujarweni dan Polly Endaryanto.2012. Statistika

Untuk Penelitian. PT. Graha Ilmu. Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v9i1.4400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>