KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN (Studi Kasus pada Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Kabupaten Kuningan)

Maria Fransisca

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  mendeskripsikan Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan (Studi Kasus: Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Kabupaten Kuningan serta faktor-faktor  apa  saja  yang  mendukung dan menghambat komunikasi  pemasaran  tersebut. Diharapkan dapat  memberikan  informasi  kepada  pihak yang  memberikan  perhatian  terhadap  dunia  kepariwisataan  dan perkembangannya Penelitian  ini  menggunakan  metode  deskriptif  kualitatif dengan 3 (tiga) informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa komunikasi pemasaran yang  dilakukan  oleh  Kompepar  meliputi  bauran pemasaran  yaitu  periklanan, promosi penjualan, Humas, pemasaran langsung, pemasaran mulut ke mulut dan acara dalam memasarkan Desa Wisata Cibuntu dapat meningkatkan kunjungan wisatawan yang datang ke Desa Wisata Cibuntu  namun  hanya  untuk  wisatawan  nusantara  saja,  lain  halnya  dengan wisatawan  mancanagera  yang  jarang berkunjung ke Desa Wisata Cibuntu. Adapun  faktor pendukung komunikasi  pemasaran  yang  dilakukan  yaitu tingginya  potensi  wisata, adanya dukungan dari pemerintah daerah, pengoptimalan teknologi informasi, upaya peningkatan fasilitas dan Infrastruktur. Sementara faktor penghambatnya yaitu keterbatasan dana, minimnya signal telepon, kurangnya SDM. Kemudian upaya dalam mengatasi hambatan komunikasi pemasaran tersebut adalah dengan menjalin hubungan kerjasama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti, dan memohon permintaan didirikan menara signal telepon kepada pemerintah.

Kata-kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Kelompok Penggerak Pariwisata, Desa Wisata


References


Moleong, J. Lexy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Penerbit Rosdakarya

Mulyana, Syukur (2015, April 7) Sejarah singkat Cibuntu. Diakses dari http://desawisatacibuntu.blogspot.co.id/2015/04/sejarah-singkat-desa-cibuntu.html

Philip Kotler & Kevin Lane Keller. 2009. Marketing Management. Jakarta: 13th Edition Erlangga

Sekar, Jajakriri (2015, Maret 12) Membaca Kebijakan Pariwisata. diakses dari https://caretourism.wordpress.com/2015/03/12/membaca-kebijakan-pariwisata-2015-2019/

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/signal.v9i1.4248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
execute(); ?>