PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT ALFARIA TRIJAYA, Tbk

Aan Purnama

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen (studi alfamart darunnajah 2 di jl. Ulujami raya no.56 jakarta selatan). Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan populasi sebanyak 3.975, untuk penentuan sampel menggunakan metode solvin dengan sampel 98. Berdasarkan hasil penelitian kualitas pelayanan dan harga secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dapat dibuktikan dengan persamaan regresi linear sederhana Y= 3,662 + 0,880X1 dan Y= 16,537 + 0,594x2 dan regresi linear berganda Y = 4.273 + 0,532 (X1) + 0.343 (X2). Uji koefisien determinasi sebesar  kualitas pelayanan sebesar 33% dan harga 32,4% dan hasil secara simultan antara kualitas pelyanan dan harga 38,6% sisahnya 61,4 % di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak dieliti, uji koefisien korelasi sebesar 0,662 dimana nilai tersebut berada pada interval 0,60 – 0,799 artinya variabel kualitas pelayanan dan harga mempunyai hubungan yang kuat dengan kepuasan konsumen, uji hipotesis Uji t nilai Thitung > Ttabel (6,881 > 1,984) dari nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y), diperoleh nilai Thitung > Ttabel (6,788 > 1,984)) dari nilai signifikan 0,000 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa variabel Harga (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). dan uji F sebesar (29,916 > 3,09) dan signifikan (0,000 < 0,05) hal ini menunjukkkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, T., & Tantri, F. (2019). Manajemen Pemasaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Andi, P. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan kepuasan dan loyalitas pengunjung dalam mengunkan jasa hotel rizen kedaton bogor.

Armstrong, & Kotler. (2015). “Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth. England : Pearson Education, Inc.

Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Atik, & Ratminto. (2012). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

AZ, N. (2001). Hukum Perlindungan Konsumen. Yogyakarta: Diadit Media.

Bakry, U. (2015). “Metodologi Penelitian: Kualitatif versus Kuantitatif”, dalam Metode Penelitian Hubungan Internasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Boyd, H. (20000). Manajemen Pemasaran “suatu pendekatan strategis dengan orientasi global”. Jakarta: Erlangga.

Buchari, A. (2007). Manajamen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Danang, S. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service (CAPS).

David, F. (2011). Manajemen Strategis. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gulla, R. (n.d.). Analisis Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Manado.

Guntur, D. (2010). Transformasi Manajemen Pemasaran+Membangun Citra Negara. Sagung Seto. JAKARTA .

Guntur, E. M. (2010). Transformasi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Sagung Seto.

Handayani, S. (2012). Aspek Hukum Perlindungan Konsumen dalam Pelayanan Air Bersih pada PDAM Tirtasari Binjai .

Husein, U. (2011). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis (11 ed.). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ifit Novita Sari, Fajarianto, O., Kurniawan, C., Wulandari, T. C., & Marlina, E. (2023). Jabung Village Dairy Farmers: Milk Education Center: Peternak Sapi Perah Desa Jabung: Sentra Wahana Eduwisata Susu. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 209-214. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i1.12217

Iqbal, M. (2014.). Teknologi Informasi dan Pendidikan Saling Membutuhkan. Diakses pada 10 juni 2014.

Kasmir. (2017). Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, & Keller. (2014). Manajemen Pemasaran (Jilid I. Edisi Ke 13 ed.). Jakarta.

Kotler, P. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Alih Bahasa: A.B. Susanto (Jilid 1dan 2 ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Principles of Marketin. (J. 1. 12th Edition, Ed.) Jakarta: Erlangga.

Lumenta, D. J. (n.d.). Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pt. Pos Indonesia (Persero) Manado.

Lupiyoadi, & Ikhsan. (2015). Praktikum Metode Riset Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Manampiring, A. S. (n.d.). Analisis Produk, Harga, Lokasi, Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kartu Kredit Pt. Bank Mandiri Tbk. Manado.

Manoppo, F. (n.d.). Kualitas Pelayanan, Dan Servicescape Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Gran Puri Manado.

Noor, j. (2014). Metodologi Penelitian. jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nugraha, & dkk. (2019). Studi Kemampuan Self Purification pada Sungai Progo Ditinjau dari Parameter Organic DO dan BOD (Vol. 4). Semarang: Jurnal Teknik Lingkungan.

Poniman, B., & Choerudin. (2017). Manajeman Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.

Priyatno, D. (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET (ANDI).

Rondonuwu, P. D. (n.d.). Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Mobil Nissan March Pada Pt. Wahana Wirawan Manado.

Rossanti, E. D. (n.d.). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Pt.Kai Commuter Jabodetabek (Kcj).

Sampelan, A. G. (n.d.). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kebijakan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Kawan Baru Mantos Manado.

Sangadji, E., & Sopiah. (2013). Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sedjati, R. (2018). Manajeman Pemasaran. Yogyakarata: Deepublish.

Setyaningrum, A. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Siregar. (2015). Metode Penelitian Kuantitaif. Jakarta: Prenadamedia Group.

Stanton, W. (1984). Fundamentals of Marketing (8th Edition ed.). Mc Graw Hill.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta : Andi.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sujarweni, W. (2015). Statistik untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sunyoto, D. (2016)). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT. Refika Aditama Anggota Ikapi.

Swastha, B. (2010). Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen . Yogyakarta: BPFE UGM.

Swastha, B. (2012). Manajemen Pemasaran Modern (2 ed.). Yogyakarta: Liberty.

Tjahjaningsih, Endang, & Soliha. (2015). Manajemen Pemasaran Tinjauan Teoritis Serta Riset Pemasaran. Semarang: Universitas Stikubank Semarang.

Tjiptono, & dkk. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta:: Andi Offset.

Usmara, A. (2003). Stratergi Baru Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Amara Books.

Winarni. (n.d.). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kesan Harga Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasaan Konsumen Yang Berdampak Pada Loyalitas Konsumen Rsud Dr. M. Ashari.

Wulansari, R. (n.d.). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Bersaing Terhadap Kepuasan Pelanggan Tangki Air Penguin Pada Toko Bahan Bangunan Di Gading Serpong.

Yamit, Z. (2004). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonesia.

Zeithaml, Valerie A, & Mary Jo Bitner. (2013). Sevice Marketing. McGrow-Hill International.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/publika.v11i1.8468

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>