HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS KESEHATAN DI UPT PUSKESMAS SUMBER KABUPATEN CIREBON

Rizka Azizah, Yanto Heriyanto

Sari


ABSTRAK

Judul dari penelitian ini adalah “Hubungan Kualitas Pelayanan Publik Dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan Di UPT Puskesmas Sumber Kabupaten Cirebonâ€. Masalah dalam penelitian ini kurang tercapainya kepuasan pasien BPJS Kesehatan di Puskesmas Sumber Kabupaten Cirebon, yang disebabkan oleh pelayanan kurang berkualitas contoh: petugas kurang ramah dalam melayani pasien BPJS dan terbatasnya fasilitas.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan publik di UPT Puskesmas Sumber Kabupaten Cirebon, untuk mengetahui kepuasan pasien BPJS Kesehatan di UPT Puskesmas Sumber Kabupaten Cirebon, untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan publik dengan kepuasan pasien BPJS Kesehatan di UPT Puskesmas Sumber Kabupaten Cirebon, dan untuk mengetahui hambatan-hambatan dalam memberikan kualitas pelayanan publik pada pasien BPJS Kesehatan yang ditemui oleh pegawai UPT Puskesmas Sumber Kabupaten Cirebon.

Metode yang digunakan adalah metode survey. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan peneliti menggunakan Studi Pustaka dan Studi Lapangan yang terdiri dari Observasi, Wawancara, dan Angket. Untuk sumber informan peneliti menggunakan Probability Sampling metode Cluster Sampling di dapat dari keseluruhan 289 populasi dengan 74 sampel. Dengan menggunakan rumus Rank Spearman.

Hasil pembahasan diketahui ada hubungan yang positif dan signifikan antara Variabel X dan Variabel Y yaitu (0,508>0,190) Hambatan yang ditemukan adalah luas ruangan yang kurang dapat menampung jumlah pasien pada saat berobat, fasilitas kurang memadai. Untuk UPT Puskesmas Sumber agar dapat meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik sesuai indikator kualitas pelayanan publik agar pasien BPJS Kesehatan merasa puas dengan pelayanan puskesmas.

 

 

Kata kunci: Kualitas Pelayanan Publik dan Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan

 

 ABSTRACT

 

The title of this research is “public service quality relationship with patient satisfaction level BPJS at UPT Puskesmas Sumber Kabupaten Cirebon. Problem in this study lack of satisfaction of patient BPJS at UPT Puskesmas Sumber Kabupaten Cirebon, caused by poor quality service. For example: officers are less friendly in serving BPJS patient and in fact facilities.

The purpose of this study is to know the quality of public services at Puskesmas Sumber Kabupaten Cirebon, to know patient satisfaction BPJS at Puskesmas Sumber Kabupaten Cirebon, and find out the barriers in providing quality public services to BPJS patient encountered by employess at UPT Puskesmas Sumber Kabupaten Cirebon.

The method used is survey method. To obtain research  data using literature study and field study consisting of obervasi, interview, and questionnaire. For the source of the informant the research used Probability Sampling method Cluster Sampling was obtained from the whole 289 population with 74 samples. Using the formula Rank Spearman.

The result of the discussion is known there is a positive and significant relationship between Variables X and Variables Y (0,508>0,190) found barriers are the area of the room less able to accommodate the number of patients when treatment facilities less adequate. For UPT Puskesmas Sumber order to improve the quality of public services according to public service quality indicators so that BPJS patients feel fasting with puskesmas services.

 

 

Keywords: public service quality and patient satisfaction BPJS


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

A. Buku – Buku

Arikunto, Suharsimi, 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Ghozali, Imam, 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: BP Universitas Dipenogoro

Hardiyansyah, 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Ratminto, dan Atik Septi Winarsih, 2015. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Santoso, Singgih, 2014. Statistik Non-Parametrik Konsep dan Aplikasi SPSS. Jakarta: Elex Media

Sedarmayanti, 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju

Sinambela, Lijak Poltak, 2014. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta

Tjiptono, Fandy, 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset

B. Peraturan Perundang-Undangan

Undang-Undang No. 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan nasional

Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik

Undang-Undang No. 24 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Jaminan Sosial

Undang-Undang No. 211 Tahun 2014 Tentang Petunjuk Teknis dan Penjaminan Peserta BPJS Kesehatan

Peraturan Bupati Cirebon Nomor 18 Tahun 2013 tentang Organisasi, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Pusat Kesehatan Masyarakat

C. Lain-lain

http://cirebonkab.bps.go.id (12/05/2017 23:15:29)

http://pusdalisbang.jabarprov.go.id (12/05/2017 22:49:11)

http://jamsosindonesia.com (16/05/2017 23:50:43)




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/publika.v4i2.757

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>