PENGARUH NILAI PELANGGAN DAN CITRA MERK TERHADAP MINAT BELI PADA LAYANAN PESAN ANTAR ONLINE GO FOOD

Evalina -, Yoeliastuti -, Eko Sugianto

Sari


Pada saat pandemi Covid ini, dimana pemberlakuan pembatasan sosial pada wilayah Indonesia, mengakibatkan keterbatasan berusaha bagi pebisnis kuliner.  Hal ini juga berlaku bagi konsumen, yang mengalami kesulitan, ketika ingin membeli produk kuliner di restoran, ataupun rumah makan yang dituju. Salah satu alternatif yang digunakan untuk menghubungkan pebisnis kuliner dan konsumen adalah layanan pesan antar online Go Food.  Untuk itu, dibuatlah penelitian ini, dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besarkah pengaruh nilai pelanggan dan citra merk masing-masing, maupun secara simultan terhadap minat beli pada layanan pesan antar online Go Food.  Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, dengan populasi yang diambil adalah pengguna aplikasi layanan Go Food dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling.  Teknik pengambilan data, yaitu mengumpulkan data, dengan menyebarkan angket kepada konsumen yang melakukan pemesanan atau pembelian melalui Go Food. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pelanggan dan citra merk secara simultan bersama-sama memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen layanan pesan antar online Go Food. Namun, untuk pengaruh per-variabel hanya nilai pelanggan yang berpengaruh pada minat beli konsumen, sedangkan citra merk tidak berpengaruh terhadap minat beli konsumen.  Kesimpulan dari penelitian ini, bahwa Go Food dapat menerapkan strategi marketing agar nilai pelanggan semakin meningkat, dan menerapkan peningkatan nilai pelanggan dan citra merk secara Bersama-sama.  Hal ini untuk mendorong peningkatan minat beli konsumen terhadap layanan pesan antar online Go Food.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amilia, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek xiaomi di kota langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 660-669.

Arifin, E., & Fachrodji, A. (2015). Pengaruh persepsi kualitas produk, citra merek dan promosi terhadap minat beli konsumen ban Achilles di Jakarta Selatan. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(1), 153082.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta.

Kim, E., and Tang, L. R. (2020). The role of customer behavior in forming perceived value at restaurants: A multidimensional approach. International Journal of Hospitality Management, 87, 102511.

Koesuma, Z. Y. (2011). Analisis pengaruh kualitas pelayanan, nilai pelanggan dan citra perusahaan terhadap minat beli. Universitas Diponegoro Semarang.

Nurhayati, A., dan Nurhalimah, N. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan. Eqien: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 1-5.

Pranataprintin.com. (2021). Sejarah Singkat Perusahaan Gojek dan Perkembangannya. Diunduh di https://www.pranataprinting.com/sejarah-singkat-perusahaan-gojek-dan-perkembangannya/ tanggal 19 April 2022.

Sugandi, Ahmad Thovan. (2022). Pesan Antar Makanan makin Cuan, 3 Perusahaan ini tak Tergoyahkan. Diunduh pada https://teknologi.bisnis.com/read/20220131/266/1495425/pesan-antar-makanan-makin-cuan-3-perusahaan-ini-tak-tergoyahkan tanggal 17 April 2022.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhardi, D., & Irmayanti, R. (2019). Pengaruh celebrity endorser, citra merek, dan kepercayaan merek terhadap minat beli konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 53-62.

Suradi, M., & Asra, Y. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Terhadap Produk Tepung Sagu (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Selat Akar Merbau). Jurnal Administrasi Niaga. 12-223.

Wardani, D. F. (2020). Pengaruh Inovasi Produk, Citra Merek, dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Di Roti Rohmah Kudus (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

Yoeliastuti, Y., Darlin, E., & Sugiyanto, E. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Penjualan Online Shopee. Jurnal Lentera Bisnis, 10(2), 2

Zahra, Z., Asmadi, I., Elvira, L., & Chodidjah, C. (2020). Pengaruh Citra Merek Produk Kacamata Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Optik Cirebon Eye Center. Jurnal Akrab Juara, 5(4), 28-37.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/publika.v10i1.7175

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>