REFORMASI BIROKRASI DALAM PELAYANAN PUBLIK MELALUI MOBILE JKN DI KOTA MALANG

Bayu Karunia Putra, Reygina Marta Dewi, Yulia Hasna Fadilah, Ali Roziqin

Sari


ABSTRAK

E-Government adalah pemanfaatan teknologi melalui perantara perangkat piranti digital yang mentransformasikan segala bentuk aktivitas yang berhubungan secara langsung dengan proses penyelenggaraan pemerintahan yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan menciptakan pelayanan yang baik. Dikarenakan, melalui teknologi informasi dan komunikasi ini telah memberikan dampak yang sangat signifikan dalam sendi-sendi kehidupan saat ini. Salah satu wujud dalam konteks reformasi birokrasi, terutama dalam proses penyelenggaraan pelayanan publik telah senantiasa memberikan peningkatan pada pelayanan yang lebih cepat, mudah, dan berkualitas. Namun, realita dalam memberikan pelayanan, khususnya terkait BPJS Kesehatan masih belum berjalan sesuai dengan harapan, terbukti dalam pelayanan BPJS Kesehatan masih terkadang sering ramai, antri, dan berbelit-belit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif dan efisien dalam penerapan aplikasi mobile JKN (BPJS kesehatan online) ini di kalangan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi literature, di mana sumber dan data diperoleh melalui jurnal, buku, dan sumber tertulis lainnya. Hasil penelitian tentang “Reformasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik Melalui Mobile JKN di Kota Malang” telah memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam berbagai sisi yang ada untuk kedepannya nanti.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andhika, L. R. (2017). Systematic Review: Budaya Inovasi Aspek Yang Terlupakan dalam Inovasi Kepegawaian. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen PNS, 11(1), 49–62. https://jurnal.bkn.go.id/index.php/asn/article/download/37/19

Ardiansah, M. N., Chariri, A., & Januarti, I. (2019). Empirical Study on Customer Perception of E-Commerce: Mediating Effect of Electronic Payment Security. Jurnal Dinamika Akuntansi, 11(2), 122–131. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jda.v11i2.20147

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bidang Komunikasi dan Informasi Publik. (2020). 96,22 Persen Warga Kota Malang Tercover JKN-KIS. Pemerintah Kota Malang. https://malangkota.go.id/tag/bpjs-kesehatan-malang/

Cahyono, E. (2017). Era Disruption dan Manajemen Strategik Birokrasi. Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. https://setkab.go.id/era-disruption-dan-manajemen-strategik-birokrasi/

Dewi, R. S. (2020). Proyeksi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik 2020. Ombudsman Republik Indonesia. https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--proyeksi-peningkatan-kualitas-pelayanan-publik-2020

Hardiyansyah, H. (2011). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Humas, H. (2019). Perbandingan Pendapatan dan Biaya Pelayanan JKN-KIS di Malang Raya. Penyelenggara JKN-KIS Di Malang Raya.

Humas, H. (2020). Kota Malang Menuju Smart City Health Care. BPJS Kesehatan. https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/post/read/2020/1468/Kota-Malang-Menuju-Smart-City-Health-Care

Khilmiah, A. N., Cikusin, Y., & Abidin, A. Z. (2020). Kualitas Pelayanan Publik Pada Bidang Administrasi (Studi Tentang Pelayanan Dokumen Kependudukan di Kantor Desa Slamet Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang). Jurnal Respon Publik, 14(2), 35–39. http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/8065

Li, S., Dor, A., Deyo, D., & Hughes, D. R. (2017). The Impact of State Tort Reforms on Imaging Utilization. Journal of the American College of Radiology, 14(2). https://doi.org/10.1016/j.jacr.2016.10.002

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nurdin, N. H. (2019). Optimalisasi Pelayanan Publik dalam Perspektif New Public Service Pada Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Paranata Edu, 1(1), 01–13. https://doi.org/https://doi.org/10.36090/jipe.v1i1.188

Nuril, A. (2018). Reformasi Birokrasi Pemerintah Kota Semarang: Studi Kasus di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Semarang. Journal of Politic and Government Studies, 7(2). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jpgs/article/download/20057/18934

Rukayat, Y. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan di Kecamatan Pasirjambu. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA), 11(2), 56–65.

Saputro, P. H., Budiyanto, A. D., & Santoso, A. J. (2015). Model Delone and Mclean untuk Mengukur Kesuksesan E-government Kota Pekalongan. Scientific Journal of Informatics, 2(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/sji.v2i1.4523

Septiyani, K. P. &, & Idris, H. (2019). Gambaran Kualitas Aplikasi Mobile JKN Pada Kalangan Mahasiswa Peserta Jaminan Kesehatan Nasional di Sumatera Selatan [Sriwijaya University]. https://repository.unsri.ac.id/1187/

Sondang, P. S. (1996). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Taufan, T. (2017). Implementasi Reformasi Birokrasi dan Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman Tahun 2014-2016. http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/11892/Naskah Publikasi.pdf?sequence=14&isAllowed=y

Wiratno, W. (2020). Implementasi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Daerah Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Jurnal Ilmu Hukum “Supremasi Hukum,” 16(2), 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.33592/jsh.v16i2.739

Yusriadi & Misnawati. (2017). Reformasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik (Studi Pelayanan Terpadu Satu Pintu). Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 7(2), 99–108. https://ojs.unm.ac.id/iap/article/view/4954/2851

Zamroni, Z., Afifuddin, A., & Widodo, R. P. (2019). Kualitas Pelayanan Publik Pada Pelayanan Kependudukan dan Catatan Sipil di Kantor Keluran Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang (Studi Kasus Pada Kantor Kelurahan Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). Jurnal Respon Publik, 13(2), 75–82. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/2127/2030




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/publika.v9i1.5325

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>