ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBUATAN ELEKTRONIK-KARTU TANDA PENDUDUK (E-KTP) DI KECAMATAN LOSARANG KABUPATEN INDRAMAYU

Wahyudi ., Heriyani Agustina, Nurudin Siraj

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan publik dalam pembuatan E-KTP di Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu. Alasanya karena masih ditemukan gejala-gejala respon negatif dari masayarakat sebagai pengguna jasa pelayanan Pembuatan E-KTP di kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Kasi Pelayanan Masyarakat kecamatan Losarang sebagai informan kunci dan masyarakat yang membuat E-KTP sebagai informan Pendukung .

Terdapat hambatan yang terjadi dalam pelayanan publik pembuatan E-KTP di Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu yaitu diantaranya fasilitas fisik yang tidak sesuai standar operasional pelayanan atau sudah tidak layak dan peralatan dalam pembuatan E-KTP yang belum menunjang. Serta pegawai kecamatan Losarng yang belum mampu memberikan pelayanan dengan baik seperti pelayanan yang dijanjikan dan sikap pegawai yang kurang ramah.

Hasil penelitian yang penulis lakukan dalam Analisis Pelayanan Publik dalam Pembuatan E-KTP di Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu dilihat dari Dimensi Kualitas Menurut Fandy Tjiptono dalam Buku (Hardyansyah, 2011:53) yaitu fasilitas fisik, peralatan, kemampuan pelayanan yang dijanjikan dengan segera, kesopanan atau keramahan, masih kurang optimal.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku

Ariani, D. Wahyu. 2009. Manajemen Operasional Jasa. Cetakan pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu

Hardiyansyah, 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasi.Yogyakarta:Gava Media

Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik serta Implementasinya. Marutas Maju

Moleong, J. Lexy. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moenir, H.A.S 2008. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, cetakan ke delapan.Jakarta:Bumi aksara

Mulyadi, Deddy 2015. Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. Bandung:Alfabeta

Nasution,M.N. 2005. Reformasi Birokrasi: Peningkatan Mutu Pelayanan Publik. Semarang: Universitas Diponogoro

Sedarmayanti,. Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan kepemipiann Masa Depan, PT Refika Aditama, 2009.

Sinambela, Lijan Poltak,. Reformasi Pelayanan Publik, PT Bumi Aksara, Jakarta, 2008.

Sugiyono, 2007, Metode Penelitian Administrasi, bandung : Alfabeta

Tjiptono, Fandy. 2007. Service Quality Satisfiction : Yogyakarta. Andi Ofset

Wibowo, 2014, Manajemen Kinerja, Jakarta: Rajawali Pers.

Perundang-undangan

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2000 Tentang Program Pembangunan Nasional (PROPENAS),

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 Tentang administrasi kependudukan

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

Peraturan Presiden Nomor 26 Tahun 2009 Tentang Penerapan Kartu Tanda Penduduk berbasis Nomor Induk Kependudukan secara Nasional

Peraturan Daerah Kabupaten Indramayu Nomor 2 tahun 2008 Tentang Penyelenggaran Administrasi Kependudukan




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/publika.v5i2.1525

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 International License
execute(); ?>