MODEL PEMBELAJARAN LITERASI DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI SQRACT TERHADAP MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA, SASTRA INDONESIA DAN DAERAH SEMESTER I, FKIP UNIBBA TAHUN AKADEMIK 2021/2022

Rina Andriani

Sari


Setiap individu perlu memahami bahwa literasi digital merupakan hal penting yang dibutuhkan untuk dapat berpartisipasi di dunia modern sekarang ini. Oleh karena itu agar tidak tertinggal informasi maka harus dilakukan penguatan. terrhadap literasi digital mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Smtr I, Tahun Akademik 2021/2022 dengan menggunakan Strategi SQRACT. Metode penelitian yang dipergunakan pretest-postest design. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kompetensi membaca pretest 25,6% menjadi 50,4% pada postest, kompetensi menulis pretest 23,4%menjadi 48,6% pada postest, dan kemampuan menghasilkan produk digital pretest 22,8% menjadi 60,2% pada postets. Simpulan dari penelitian ini penguatan literasi digital dapat meningkat dengan mempergunakan Strategi SQRACT.

Kata Kunci


penguatan, literasi digital, strategi SQRACT

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim. 2015. Pedoman Pelaksanaan Gerakan Nasional Literasi Bangsa. Jakarta: Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan.

Anshori, Dadang S dan V. S. Damaianti. 2021. Literasi dan Pendidikan Literasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

APJII. 2019. “Infografis Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet di Indonesia.†Diambil dari http://www.apjii.or.id/survei.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Pedoman Pelaksanaan Gerakan Nasional Literasi Bangsa. Jakarta: Pusat Pembinaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan.

Harjasujana, A.S. dan V.S. Damaianti. 2003. Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara.

Andriani, Rina. 2016. Pengembangan Model Strategi Pembelajaran 5 MT (CQRACT) Berbasis Dimensi Proses Kognitif Bagi Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Wacana Ilmiah Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas. Disertasi. Tidak dipublish.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

execute(); ?>