Transformasi Pendidikan: Pemberdayaan Guru SMK Melalui Pelatihan Literasi, Numerasi, dan Inovasi Alat Peraga

Authors

  • Setiyani Setiyani Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia , Indonesia

Keywords:

Transformasi Pendidikan, Pemberdayaan Guru SMK, Pelatihan Literasi, Numerasi, Dan Inovasi Alat Peraga

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas guru numerasi sesuai kerangka kompetensi literasi dan numerasi guru Sekolah Dasar. Dengan meningkatkan kemampuan berhitung, guru diharapkan dapat memberikan dampak terhadap siswa sehingga menghasilkan generasi yang mahir berhitung. Metode dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan. Peserta pelatihan pada kegiatan ini adalah seluruh guru di SDN Majasem II Cirebon. Ada dua kegiatan utama dalam pelatihan ini, yaitu pelatihan berhitung yang bertujuan agar guru memahami pentingnya berhitung dalam kehidupan sehari- hari, dan pentingnya berhitung dimasukkan sebagai konten dalam pembelajaran lainnya. Kegiatan pokok yang kedua adalah pelatihan pembuatan alat peraga numerasi sederhana sehingga dapat memudahkan siswa dalam memahami numerasi sehingga dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman guru terhadap konsep numerasi, dengan 86% menunjukkan kemampuan yang meningkat dalam membedakan numerasi dan matematika serta mengintegrasikan pendekatan lintas mata pelajaran. Pelatihan berhasil mengubah perspektif guru tentang numerasi sebagai keterampilan universal yang dapat diterapkan di semua mata pelajaran. Guru mengembangkan alat peraga praktis yang meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan pengetahuan tentang pengembangan profesional dalam pendidikan numerasi, menyediakan strategi berbasis bukti untuk peningkatan kapasitas guru di negara berkembang.

References

Adiputra, D., Kristanto, T., Sayid Albana, A., Wednestwo Samuel, G., Andriyani, S., & Jose Anto Kurniawan, C. (2022). Penerapan Teknologi Hidroponik Berbasis IoT Untuk Mendukung Pengembangan Desa Wisata Edukasi. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.52072/abdine.v2i2.451

Afriansyah, E. A., & Arwadi, F. (2021). Learning trajectory of quadrilateral applying realistic mathematics education: Origami-based tasks. Mathematics Teaching Research Journal, 13(4), 42–78.

Ali, B., & Poerwanto, B. (2017). Motivasi dan hasil belajar statistika menggunakan multimedia pembelajaran Program Studi Teknik Informatika UNCP. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).

Arwadi, F., & Bustang, B. (2018). Supporting elementary school children’s skill and concept understanding in solving combinatorics problems. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 51(1), 23–31.

Arwadi, F., & Putriz, R. I. I. (2018). Design research on mathematics education: Assisting elementary school children in grasping multiplication concept and solving three-dimensional multiplication principle problems. Journal of Physics: Conference Series, 1028(1), 012159.

Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan literasi sekolah dan literasi numerasi melalui model blended learning pada siswa kelas V SD Kota Singaraja. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269–283.

Devi, N. K. L. (2024). Analisis pelaksanaan kegiatan numerasi dengan metode Matematika Gasing yang dikaitkan dengan permainan tradisional pada siswa kelas 4 SD N 1 Demulih. Pentagon: Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(4), 78–94.

Fitriya, A. H., Azmi, P., Yantoro, Y., & Setiyadi, B. (2023). Implementasi sistem informasi manajemen melalui platform Merdeka Mengajar untuk meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2766

Kebudayaan, K. P. dan. (2017). Gerakan literasi nasional. Online Submission. http://gln.kemdikbud.go.id

Montessori, M., & Indrawadi, J. (2022). Pelatihan literasi digital dalam pembelajaran PPKn bagi guru PPKn SMA. Journal of Education, Cultural and Politics, 2(1). https://doi.org/10.24036/jecco.v2i1.34

Nisa’, F., & Anshori, I. (2021). Integrasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Kurikulum 2013 kelas rendah di Madrasah Ibtidaiyah. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(1). https://doi.org/10.24042/terampil.v8i1.6746

Poerwanto, B., & Ismail, A. (2022). PKM pelatihan literasi data bagi siswa dan guru. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 457–463.

Poewanto, B., Aswi, A., Fahmuddin, M., & Sukarna, S. (2023). Pelatihan penulisan artikel ilmiah dan manajemen referensi bagi dosen Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia. ADMA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 347–356.

Safitri, L., & Hidayah, R. (2021). Pendampingan orangtua pada siswa sekolah dasar dalam pembelajaran daring. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(2). https://doi.org/10.30738/tc.v5i2.11340

Samad, M. A., & Mangindara, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran, akreditasi sekolah dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Gowa. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 74–84.

Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Irawati, T. N. (2021). Profil kemampuan literasi numerasi di masa pandemi COVID-19. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 253–261.

Tohir, M. (2019a). Hasil PISA Indonesia tahun 2018 turun dibanding tahun 2015. Paper of Matematohir, 2(1).

Tohir, M. (2019b). Hasil PISA Indonesia tahun 2018 turun dibanding tahun 2015 (Indonesia’s PISA results in 2018 are lower than 2015). Open Science Framework, 2(January).

Tohir, M. (2019c). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. https://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesiatahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015/

Downloads

Published

2025-08-13

How to Cite

Setiyani, S. (2025). Transformasi Pendidikan: Pemberdayaan Guru SMK Melalui Pelatihan Literasi, Numerasi, dan Inovasi Alat Peraga. Jurnal Pintar Abdimas, 1(2), 37–44. Retrieved from http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JPAS/article/view/10737

Citation Check