Optimalisasi Peran Guru dan Siswa MTS. Husnul Khotimah 2 Kuningan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Mendorong Inovasi dan Profesionalisme dalam Pendidikan
Keywords:
Optimalisasi Peran Guru, Inovasi, ProfesionalismeAbstract
Program pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi guru dan siswa MTs. Husnul Khotimah 2 Kuningan dalam karya ilmiah melalui pelatihan yang komprehensif dan berbasis teknologi. Pelatihan ini melibatkan identifikasi kebutuhan guru, penyediaan modul pelatihan, workshop interaktif, serta pendampingan intensif dalam menulis dan mempublikasikan karya ilmiah. Implementasi IPTEKS (Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni) dalam program ini mencakup penggunaan perangkat lunak penulisan dan analisis data, serta pengembangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang relevan dengan praktik pengajaran sehari-hari. Output dari program ini meliputi peningkatan keterampilan menulis karya ilmiah, publikasi di jurnal ilmiah, dan penerapan metode pembelajaran inovatif di kelas. Hasil kuantitatif menunjukkan: 30 judul penelitian dihasilkan siswa, 8 proposal terseleksi untuk pengembangan lomba KREASI, 3 proposal final disubmit dengan 1 meraih medali emas. Outcome yang diharapkan adalah peningkatan profesionalisme guru, inovasi dalam pembelajaran, penguatan jaringan akademik, dan peningkatan kualitas pendidikan di MTs. Husnul Khotimah 2 Kuningan. Dengan demikian, program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam menciptakan tenaga pendidik yang lebih kompeten dan berdaya saing, serta mendorong kemajuan pendidikan dasar di Indonesia.
References
Adnyani, L. P. W. (2021). Sosialisasi penyusunan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk pengembangan keterampilan profesional guru SD. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 85–92.
Al Mustaqim, D. (2023). Peran pendidikan profesi guru untuk meningkatkan profesionalitas dan kualitas pembelajaran di Indonesia. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(02). https://doi.org/10.70508/literaksi.v1i02.224
Amalia, A. N., Rista, N., Iskandar, R., & Widiyastuti, A. (2022). Seminar dan bimbingan teknis penulisan karya ilmiah remaja pada siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jakarta Timur. Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 133–140.
Athoillah, M., & Fitriani, F. (2024). Pelatihan karya tulis ilmiah bidang sains data bagi guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Nganjuk. Kanigara, 4(1). https://doi.org/10.36456/kanigara.v4i1.8535
Fitri, A., Wismanto, W., Nursikin, M., Mashuri, M., & Amin, K. (2023). Peran ganda guru pendidikan agama Islam dalam membimbing siswa bermasalah di SD Islam Al-Rasyid Pekanbaru. Journal on Education, 5(3), 9710–9717.
Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan guru bimbingan konseling dalam pembentukan karakter disiplin siswa SMP Negeri 3 Onolalu tahun pelajaran 2021/2022. Counseling For All: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(1), 40–52.
Henny, S. (2024). Panduan praktis penulisan karya tulis ilmiah. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Issue March).
Isra Miharti, Sahara, Anwar Sanusi, & Febbry Romundza. (2024). Peningkatan keterampilan menulis artikel jurnal pada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Merangin melalui pelatihan karya tulis ilmiah. KENDURI: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(3). https://doi.org/10.62159/kenduri.v3i3.1017
Mas, S. R. (2008). Profesionalitas guru dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Jurnal Inovasi, 5(2).
Mulloh, T., & Muslim, A. Q. (2022). Analisis peran supervisi pendidikan dalam meningkatkan profesionalitas guru. Journal Publicuho, 5(3), 763–775.
Rodhi, N. N. (2023). Pelatihan karya tulis ilmiah bagi guru untuk meningkatkan profesionalitas akademik guru pondok pesantren di Bojonegoro. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(4), 67–77. https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.415
Sanulita, H., Putra, P. P., Laka, L., Amalia, M., Anggraeni, A. F., Ardiansyah, W., Azizah, N., Saktisyahputra, S., Suprayitno, D., & Sumiati, S. (2024). Panduan praktis penulisan karya tulis ilmiah. PT. Green Pustaka Indonesia.
Sari, N., Haifaturrahmah, H., & Mariyati, Y. (2020). Pengembangan profesionalisme guru melalui kegiatan workshop penulisan karya tulis ilmiah penelitian tindakan kelas. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(6), 1273–1282.
Siregar, N. H. (2020). Pengembangan kualitas pendidikan di Indonesia dilakukan melalui peningkatan profesionalitas guru. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 1(1). https://doi.org/10.30596/jppp.v1i1.4454
Slameto. (2015a). Guru kurikulum dan guru inspiratif. Satya Wida, 31(2).
Slameto, S. (2015b). Pembelajaran berbasis riset mewujudkan pembelajaran yang inspiratif. Satya Widya, 31(2), 102–112. https://doi.org/10.24246/j.sw.2015.v31.i2.p102-112
Tamim Mulloh, & Muslim, Abd. (2022). Analisis peran supervisi pendidikan dalam meningkatkan profesionalitas guru. Journal Publicuho, 5(3). https://doi.org/10.35817/publicuho.v5i3.29