Literasi Keuangan Berbasis Fintech pada Kelompok Guru SMK Kota Cirebon
Keywords:
Literasi Keuangan, Era Digital, Fintech, New Normal, LokakaryaAbstract
Penguasaan literasi keuangan di era digital menjadi kebutuhan mendesak, terutama di era new normal. Tren pembayaran dan penerimaan kas tunai mulai menurun, dengan keamanan sebagai salah satu pertimbangan utama. Untuk mempercepat penguasaan literasi ini, kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan di SMK PUI Kota Cirebon bertujuan meningkatkan literasi teknologi keuangan (FINTECH). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan berbasis fintech bagi guru SMK di Kota Cirebon melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Pendekatan berupa lokakarya diterapkan untuk mencapai tujuan tersebut. Hasil menunjukkan respon positif serta peningkatan kemampuan literasi keuangan digital di kalangan guru dan masyarakat SMK PUI Kota Cirebon. Kesimpulannya, program ini efektif dalam memperkuat pemahaman guru mengenai fintech sebagai instrumen keuangan modern sekaligus media pembelajaran kewirausahaan. Implikasi penelitian ini menegaskan perlunya perluasan program ke sekolah lain dan pelibatan siswa agar literasi keuangan dapat berkembang secara berkelanjutan. Selain itu, kolaborasi lebih intensif dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan penyedia fintech lokal diharapkan mampu memperkaya materi dan memperluas dampak penguatan literasi keuangan di lingkungan pendidikan.
References
Abdullah, E. M. E., Rahman, A. A., & Rahim, R. A. (2018). Adoption of financial technology (Fintech) in mutual fund/ unit trust investment among Malaysians: Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(2). https://doi.org/10.14419/ijet.v7i2.29.13140
Achmad Fauzi, Ahmad Nurdin Hasibuan, Angellina Merry Susetyawan, Attisha Azhira Sangaji, Hatkasum Ratu Mony, Jhani, N. S., Rulyannas Tasya Istiqomah, & Sekararum Sherlenadya Purba. (2023). Peranan Bank Indonesia Dalam Mengatur Dan Mengawasi Perbankan Serta Mengalihkan Tugas Ke Otoritas Jasa Keuangan. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 3(1). https://doi.org/10.56127/jaman.v3i1.641
Diba, N. F., Disemadi, H. S., & Prananingtyas, P. (2020). Kebijakan Tata Kelola Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Di Indonesia. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(2). https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i2.485
Herawan, E., Komarudin, K., Destiana, R., & Misdi, M. (2021). Peningkatan Literasi Keuangan Guru Melalui Pemanfaatan Fintech di era Digital. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(3). https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i3.259
Imhar, & Ifna Umirahmah. (2022). Pengaruh Teknologi Finansial (Fintech) Terhadap Strategi Perbankan Pada PT. Bank Central Asia (BCA). Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis, 1(1). https://doi.org/10.55606/jupsim.v1i1.239
Jamal, A., Mangkona, S., & Wahyudin, W. (2023). Transformasi Industri Keuangan melalui Perkembangan Teknologi Finansial (Fintech): Analisis Tantangan dan Peluang. Movere Journal, 5(02). https://doi.org/10.53654/mv.v5i02.390
Kumari, A., & Devi, N. C. (2022). The Impact of FinTech and Blockchain Technologies on Banking and Financial Services. Technology Innovation Management Review, 12(1–2). https://doi.org/10.22215/timreview/1481
Lavrinenko, O., Čižo, E., Ignatjeva, S., Danileviča, A., & Krukowski, K. (2023). Financial Technology (FinTech) as a Financial Development Factor in the EU Countries. Economies, 11(2). https://doi.org/10.3390/economies11020045
Lontchi, C. B., Yang, B., & Shuaib, K. M. (2023). Effect of Financial Technology on SMEs Performance in Cameroon amid COVID-19 Recovery: The Mediating Effect of Financial Literacy. Sustainability (Switzerland), 15(3). https://doi.org/10.3390/su15032171
Nasir, A., Shaukat, K., Khan, K. I., Hameed, I. A., Alam, T. M., & Luo, S. (2021). Trends and directions of financial technology (Fintech) in society and environment: A bibliometric study. In Applied Sciences (Switzerland) (Vol. 11, Issue 21). https://doi.org/10.3390/app112110353
Nugroho, H. (2020). Perlindungan Hukum bagi Para Pihak dalam Transaksi Pinjaman Online. Jurnal Hukum Positum, 5(1). https://doi.org/10.35706/positum.v5i1.3482
Purwatiningsih, S. D., & Soelistyowati, D. (2021). Pembelajaran Online sebagai Solusi Belajar di Masa Pandemi COVID-19. Warta ISKI, 4(1). https://doi.org/10.25008/wartaiski.v4i1.110
Setiani, D. D., Nivanty, H., Lutfiah, W., & Rahmawati, L. (2020). Fintech syariah: manfaat dan problematika penerapan pada UMKM. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(1).
Suryono, R. R. (2019). Financial Technology (Fintech) Dalam Perspektif Aksiologi. Masyarakat Telematika Dan Informasi : Jurnal Penelitian Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(1). https://doi.org/10.17933/mti.v10i1.138
Suryono, R. R., Budi, I., & Purwandari, B. (2020). Challenges and trends of financial technology (Fintech): A systematic literature review. In Information (Switzerland) (Vol. 11, Issue 12). https://doi.org/10.3390/info11120590
Suryono, R. R., Budi, I., & Purwandari, B. (2021). Detection of fintech P2P lending issues in Indonesia. Heliyon, 7(4). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06782
Ummah, M. S. (2019). Fintech: Teknologi Finansial Perbankan Digital. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1).
Unik Hanifah Salsabila, Risma Rahma Wati, Siti Masturoh, & Anisa Nur Rohmah. (2021). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.36418/japendi.v2i1.71