Kolaborasi Mahasiswa sebagai Mikro Influencer dengan Mureeskin Clinic untuk Meningkatkan Kesadaran Perawatan Kulit dalam Program “Skinvestment for Mureevers”
Keywords:
micro-influencer, edukasi skincare, optimasi digitalAbstract
Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan komunitas mahasiswa sebagai mikro-influencer dalam menyampaikan edukasi perawatan kulit kepada remaja. Topik ini penting mengingat rendahnya kesadaran remaja terhadap pentingnya menjaga kesehatan kulit secara dini, yang dapat berdampak pada kepercayaan diri dan kualitas hidup mereka. Program ini melibatkan Mureeskin Clinic sebagai mitra strategis, yang menyediakan pelatihan, fasilitas, dan dukungan operasional bagi mahasiswa. Melalui pendekatan berbasis mikro- influencer, mahasiswa yang telah dilatih menghasilkan konten kreatif dan relevan yang diunggah ke berbagai platform media sosial. Metode pelaksanaan mencakup pelatihan pembuatan konten, pengelolaan kampanye digital yang terstruktur, serta evaluasi keberhasilan melalui analisis data keterlibatan audiens. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa strategi ini tidak hanya berhasil meningkatkan kesadaran remaja terhadap pentingnya perawatan kulit, tetapi juga memperkuat koneksi antara perguruan tinggi, mahasiswa, dan mitra industri. Program ini memberikan manfaat yang signifikan, seperti edukasi kesehatan kulit bagi masyarakat, peluang pengalaman nyata bagi mahasiswa dalam dunia pemasaran digital, dan peningkatan citra mitra sebagai pelaku industri yang peduli terhadap edukasi remaja. Dengan keberlanjutan program, diharapkan dapat tercipta ekosistem kolaboratif yang mendukung pengembangan mahasiswa sebagai agen perubahan sosial sekaligus memperluas akses masyarakat terhadap edukasi kesehatan yang berkualitas.
References
Abidin, C. (2016). "Aren't these just young, rich women doing vain things online?": Influencer selfies as subversive frivolity. Social Media + Society, 2(2), 1–17. https://doi.org/10.1177/2056305116641344
Abdullah, N., Samad, A., & Basari, H. (2022). The development of a skincare routine expert system. Applied Information Technology and Computer Science, 3(2).
Brown, D., & Hayes, N. (2008). Influencer marketing: Who really influences your customers? Elsevier.
Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2018). Marketing 4.0: Moving from traditional to digital. Wiley.
Khairina, I., Susmiati, S., Nelwati, N., & Rahman, D. (2022). Literasi kesehatan sebagai upaya peningkatan perilaku kesehatan remaja. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 7(1). https://doi.org/10.33366/japi.v7i1.2949
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Moving from traditional to digital. Wiley.
Linda, L. (2024, July). Linguistic style on audience engagement: A study of micro-influencer content. In Cirebon International Conference on Education and Economics Proceeding, 1(1), 25–31. https://www.ejournalugj.com/index.php/cicee/article/view/9300
Lou, C., & Yuan, S. (2019). Influencer marketing: How message value and credibility affect consumer trust of branded content on social media. Journal of Interactive Advertising, 19(1), 58–73. https://doi.org/10.1080/15252019.2019.1616511
Magh’firoh, R. H., Noviadji, B. R., & Halim, Y. (2021). Perancangan kampanye sosial untuk meningkatkan kesadaran remaja mengenai rasisme di Indonesia. Artika, 5(2). https://doi.org/10.34148/artika.v5i2.436
Mihailova, D., Brunina, L., & Kokina, M. (2022). Efficacy of use of combined skincare routine on reduction of dermatitis symptoms. International Journal of Health Sciences. https://doi.org/10.53730/ijhs.v6ns2.6614
Pisanti, S., Mencherini, T., Esposito, T., D’Amato, V., Re, T., Bifulco, M., & Aquino, R. P. (2023). The medieval skincare routine according to the formulations of Madgistra Trotula and the Medical School of Salerno and its reflection on cosmetology of the third millennium. Journal of Cosmetic Dermatology, 22(2). https://doi.org/10.1111/jocd.15234
Riadoh, R. (2021). Pengaruh bahasa gaul terhadap penggunaan bahasa Indonesia di kalangan remaja. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(2). https://doi.org/10.30821/eunoia.v1i2.1142
Rodan, K., Fields, K., Majewski, G., & Falla, T. (2016). Skincare bootcamp: The evolving role of skincare. Plastic and Reconstructive Surgery – Global Open, 4. https://doi.org/10.1097/GOX.0000000000001152
Singh, N. (2023). Routine skincare – What I advise to defy aging? Cosmoderma, 3. https://doi.org/10.25259/csdm_232_2023
Wardani, N. K., & Daniar, A. (2021). Pengaruh digital marketing Instagram pada keputusan membeli produk skincare saat pandemi. Prosiding SNADES 2021.