Pendampingan Pengembangan Teknik Promosi dan Pemasaran Produk UMKM Ikan Asin

Authors

  • Aang Curatman Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia

Keywords:

Pemasaran Media Sosial, Usaha Kecil, Akses Pasar, Promosi Produk

Abstract

Perkembangan teknologi digital di era globalisasi membawa dampak signifikan terhadap strategi pemasaran, termasuk bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Namun, masih banyak pelaku UMKM pesisir, khususnya di Samadikun, Cirebon, yang menghadapi keterbatasan literasi digital dan masih mengandalkan metode pemasaran konvensional. Program Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan promosi dan pemasaran pelaku usaha kecil ikan asin di Samadikun, Cirebon. Fokus program ini adalah pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran untuk memperluas akses pasar dan meningkatkan penjualan. Program ini juga bertujuan mengatasi keterbatasan teknologi di kalangan peserta dengan memberikan pelatihan tentang penggunaan media sosial dan fotografi produk menggunakan limbah kardus sebagai studio mini. Metode yang digunakan adalah pelatihan partisipatif dengan tahapan persiapan, pelaksanaan, pendampingan, serta evaluasi, yang melibatkan ibu-ibu pelaku usaha ikan asin sebagai peserta. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan pemasaran, visibilitas produk, dan performa penjualan peserta. Kesimpulannya, pendampingan ini berhasil meningkatkan kapasitas pemasaran digital peserta, memberdayakan ekonomi keluarga nelayan, serta menumbuhkan kesadaran lingkungan melalui pemanfaatan limbah kardus. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya integrasi pelatihan digital marketing berbasis lokal dengan pendekatan inovatif dan berbiaya rendah sebagai model pemberdayaan UMKM di wilayah pesisir.

References

Anindya, D. A. E., Putri, D. N., & Priambodo, N. D. (2021). Efektivitas program kawasan rumah pangan lestari (KRPL) dalam mendukung ketahanan pangan rumah tangga selama pandemi di Kota Kediri. AGRISAINTIFIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 5(1). https://doi.org/10.32585/ags.v5i1.1278

Ardiyanto, A. (2018). Analisis penggunaan media sosial dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Desa Kemasan Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali [Skripsi tidak diterbitkan]. IAIN Surakarta.

Assauri, S. (2011). Manajemen pemasaran dasar konsep, dan strategi. PT Raja Grafindo Persada.

Balqis, M. P. (2020). Analisa penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0.

Basry, A., & Sari, E. M. (2018). Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). IKRA-ITH INFORMATIKA: Jurnal Komputer dan Informatika, 2(3).

Dahnil, M. I., Marzuki, K. M., Langgat, J., & Fabeil, N. F. (2014). Factors influencing SMEs adoption of social media marketing. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 148, 119–126. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.025

Doni, F. R. (2017). Perilaku penggunaan smartphone pada kalangan remaja. Journal Speed Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 9(2).

Fauziyah, N., Sukaris, S., Rahim, A. R., & Jumadi, R. (2020). Peningkatan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan khususnya dalam permasalahan sampah. DedikasiMU: Journal of Community Service, 2(4). https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v2i4.2053

Juliantini, N. K. (2022). Besarnya pengaruh era digital terhadap dunia pendidikan khususnya di Indonesia. Ganesha University of Education.

Mulia, L. T. (2023). Kewarganegaraan digital pada era globalisasi di Indonesia. Iuris Studia: Jurnal Kajian Hukum, 4(1).

Muthmainnah, M. (2020). Analisa penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0, 1(2). https://doi.org/10.29103/tts.v1i2.3262

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 1(1), 1–17.

Rahayu, R., & Day, J. (2017). E-commerce adoption by SMEs in developing countries: Evidence from Indonesia. Eurasian Business Review, 7(1), 25–41. https://doi.org/10.1007/s40821-016-0044-6

Roma Doni, F. (2017). Perilaku penggunaan smartphone pada kalangan remaja. Journal Speed Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 9(2).

Downloads

Published

2025-08-22

How to Cite

Curatman, A. (2025). Pendampingan Pengembangan Teknik Promosi dan Pemasaran Produk UMKM Ikan Asin. Jurnal Pintar Abdimas, 5(1), 56–62. Retrieved from http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JPAS/article/view/10726

Citation Check