Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Kkn Mengajar di Mi Kalapagunung: Materi Stop Bullying

Authors

  • Puput Hayanti Universitas Swadaya Gunung Jati, Indonesia

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Universitas Swadaya Gunung Jati di MI Kalapagunung dengan tujuan menyosialisasikan bahaya bullying serta cara pencegahannya. Topik ini dipilih karena perundungan di kalangan siswa sekolah dasar masih menjadi masalah sosial yang berdampak serius pada perkembangan mental dan prestasi akademis. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi ceramah, diskusi interaktif, simulasi, dan permainan edukatif. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kesadaran siswa mengenai dampak negatif bullying, perubahan perilaku siswa menjadi lebih empati, dan penurunan kasus perundungan di sekolah. Partisipasi aktif guru dalam kegiatan ini turut mendukung keberlanjutan kampanye anti-bullying. Meskipun terdapat keterbatasan dalam waktu dan jumlah tim pengajar, program ini memiliki potensi jangka panjang untuk membentuk karakter siswa yang lebih peduli, serta menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman.

References

Agisyaputri, E., Nadhirah, N. A., & Saripah, I. (2023). Identifikasi fenomena perilaku bullying pada remaja. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3.

Andrews, N. C. Z., Cillessen, A. H. N., Craig, W., Dane, A. V., & Volk, A. A. (2023). Bullying and the abuse of power. International Journal of Bullying Prevention, 5(3). https://doi.org/10.1007/s42380-023-00170-0

Anita, A., & Triasavira, M. (2021). Perlindungan hukum terhadap korban dan pelaku tindak pidana praktik bullying di lingkunganssss sekolah. Jurnal Jendela Hukum, 8(2). https://doi.org/10.24929/fh.v8i2.1581

Arfa, A. M., & Lasaiba, D. (2024). Penguatan karakter dalam manajemen kelas: Strategi efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan perkembangan holistik siswa. Lani: Jurnal Kajian Ilmu Sejarah dan Budaya, 5(1), 71–80.

Argadinata, H., Majid, M., & Benty, D. (2023). Partisipasi orang tua dalam program anti bullying: Perspektif multikultural berbasis human relation. Proceedings Series of Educational Studies.

Emilda, E. (2022). Bullying di pesantren: Jenis, bentuk, faktor, dan upaya pencegahannya. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 198–207.

Fuentes, E. A., Carvallo, P. R., & Poblete, S. R. (2020). Bullying as a risk factor for depression and suicide. Revista Chilena de Pediatria, 91(3). https://doi.org/10.32641/rchped.v91i3.1230

Harmiasih, S., Kumari, R., & Watini, S. (2023). Dampak bullying terhadap sosial emosional anak. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3142

Izziyana, W. V., Rimbawan, A. Y., Hardian, H., Sari, R. M., & Budiwati, S. (2023). Penyuluhan hukum tentang bahaya dan dampak bullying di Madrasah Aliyah Nurul Firdaus. Borobudur Journal on Legal Services, 4(1). https://doi.org/10.31603/bjls.v4i1.8560

Maghfiroh, N., Nasir, M., & Nafi’ah, S. A. (2022). Dampak perilaku bullying terhadap motivasi belajar siswa. As-Sibyan, 4(2). https://doi.org/10.52484/as_sibyan.v4i2.241

Malahati, F., Maemonah, M., & Jannati, P. (2022). Analisis aspek perilaku bullying peserta didik kelas VI Madrasah Ibtidaiyah menggunakan perspektif filsafat behaviorisme. Jurnal Penelitian Pendidikan, 22(3). https://doi.org/10.17509/jpp.v22i3.52845

Maryam, S., & Fatmawati, F. (2024). Kematangan emosi remaja pelaku bullying. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 3(2), 13.

Moad, M., & Rianto, H. (2024). Pencegahan tindak perundungan (bullying) siswa SMPN se-Kecamatan Singkawang Utara. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(1), 160–170.

Nurul Hidayati, & Amelia Rizky Idhartono. (2023). Peran sekolah dalam pencegahan bullying terhadap siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi X di Surabaya. Devosi: Jurnal Teknologi Pembelajaran, 13(1). https://doi.org/10.36456/devosi.v13i1.7935

Oktaviany, D., & Ramadan, Z. H. (2023). Analisis dampak bullying terhadap psikologi siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5400

Prihartono, D., & Hastuti, S. (2022). Sosialisasi penyuluhan stop bullying di SD Negeri 02 Lengkong Wetan Serpong Kota Tangerang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, September 2019, 1–5. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat

Safaat, R. A. (2023). Tindakan bullying di lingkungan sekolah yang dilakukan para remaja. Jurnal Global Ilmiah, 1(2). https://doi.org/10.55324/jgi.v1i2.13

Wibowo, H., Fijriani, F., & Krisnanda, V. D. (2021). Fenomena perilaku bullying di sekolah. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(2). https://doi.org/10.30998/ocim.v1i2.5888

Yuliani, N. (2019). Fenomena kasus bullying di sekolah. Research Gate.

Zakiyah, E. Z., Fedryansyah, M., & Gutama, A. S. (2019). Dampak bullying pada tugas perkembangan remaja korban bullying. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(3). https://doi.org/10.24198/focus.v1i3.20502

Downloads

Published

2025-08-18

How to Cite

Hayanti, P. (2025). Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Kkn Mengajar di Mi Kalapagunung: Materi Stop Bullying. Jurnal Pintar Abdimas, 4(2), 77–85. Retrieved from http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JPAS/article/view/10245

Citation Check