Strategi Pengembangan Produk UMKM Opak Singkong Milik Ibu Saminah di Desa Cikeusal
Keywords:
UMKM, opak singkong, NIB, kemasan, media sosialAbstract
Penelitian ini mengkaji strategi pengembangan produk UMKM Opak Singkong milik Ibu Saminah di Desa Cikeusal Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon melalui program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Kelompok 46. Penelitian menggunakan metodologi deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data primer melalui observasi, wawancara, dan penelitian tindakan partisipatif selama 35 hari. Intervensi utama meliputi: desain logo produk, inovasi kemasan, registrasi Nomor Induk Berusaha (NIB), dan pengembangan pemasaran media sosial melalui platform Instagram. Temuan utama menunjukkan: peningkatan signifikan dalam legalitas usaha, peningkatan daya tarik branding dan kemasan produk, perluasan jangkauan pasar dari lokal berbasis mulut ke mulut menjadi platform digital, dan peningkatan literasi digital pemilik UMKM. Penelitian berkontribusi pada pemahaman strategi pengembangan UMKM yang efektif di daerah pedesaan melalui pendekatan terintegrasi yang menggabungkan formalisasi hukum, inovasi branding, dan adopsi pemasaran digital. Hasil menunjukkan bahwa intervensi sistematis dalam identitas produk, kepatuhan hukum, dan pemasaran digital dapat meningkatkan daya saing dan keberlanjutan UMKM secara substansial di era ekonomi digital.
References
Adelia, F. N., Aguriandi, & Suhar. (2024). Peranan usaha mikro kecil menengah (UMKM) toko kelontong dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat menurut perspektif ekonomi Islam. Journal of Student Research, 2(1). https://doi.org/10.55606/jsr.v2i1.1946
Adrian, H. (2019). Studi strategi pengembangan kredit pada usaha mikro, kecil, dan menengah oleh bank BUMN di daerah Cikarang-Jawa Barat kasus Bank BRI. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 2(3). https://doi.org/10.24912/jmbk.v2i3.4854
Christiana, I., Bahagia, R., Putri, L. P., & Sitorus, R. S. (2022). Peran komunikasi bisnis dalam membantu perkembangan UMKM. Jurnal SOMASI (Sosial Humaniora Komunikasi), 3(1). https://doi.org/10.53695/js.v3i1.700
Desvia, N., & Tan, D. (2021). Pendampingan pendaftaran perizinan berusaha PT Universal Yasa Solutions pada Lembaga Online Single Submission. Conference on Community Engagement Project, 1(1). https://journal.uib.ac.id/index.php/concept
Diah Kusumasari, A., & Supriono. (2017). Pengaruh desain kemasan produk dan daya tarik iklan terhadap brand awareness serta dampaknya pada keputusan pembelian Wardah Exclusive Matte Lip Cream (Survei pada mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 49, 103–111.
Fitri, W., & Sheerleen. (2021). Perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik: Suatu kajian perspektif hukum di Indonesia. Jurnal Komunikasi Hukum, 7. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jkh
Jubaedah, S., & Destiana, R. (2015). Implikasi pembiayaan syariah terhadap usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Cirebon. Jurnal Logika. www.e-journal.unswagati-crb.ac.id
Jubaedah, S., & Destiana, R. (2016). Kinerja keuangan usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Cirebon sebelum dan sesudah mendapatkan pembiayaan syariah. JRKA, 2, 93–103.
Kasumaningrum, Y. (2020, June 6). UMKM musti ubah cara pandang, new normal adalah era paradigma baru. Pikiran Rakyat. https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-01395635/umkm-musti-ubah-cara-pandang-new-normal-adalah-era-paradigma-baru
Maulana, Y. (2017, February 6). Yuswohady: UKM harus manfaatkan perkembangan digital. Majalah SWA. https://swa.co.id/read/160717/yuswohady-ukm-harus-manfaatkan-perkembangan-digital
Nurfauzi, R., Rakhmat, C., & Arisman, A. (2022). Pengaruh packaging dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian (Survei pada konsumen produk sale Ambon Ibu Ooh Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya). Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(10).
Peran Bank Pembiayaan Rakyat Syariah dalam pengembangan UMKM dan agribisnis pedesaan di Sumatera Barat. (2015). Economica, 3(1). https://doi.org/10.22202/economica.2014.v3.i1.231
Sarwono, H. A. (2015). Profil bisnis usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Bank Indonesia dan LPPI.
Siagian, A. O., & Martiwi, R. (2020). Kemajuan pemasaran produk dalam memanfaatkan media sosial di era digital. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3). http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPK
Siregar, V. A., Jamri, J., Fikri, K. N. S., & Azhar, A. (2021). Pemberdayaan KKN tematik dalam meningkatkan sikap pemahaman remaja terhadap penyalahgunaan narkotika dan psikotropika. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.47492/eamal.v1i2.588
Soriyani, H., & Harahap, N. (2022). Pengaruh kreativitas terhadap keberhasilan usaha pada usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Desa Patumbak Kampung Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang. VALUE, 2(2). https://doi.org/10.36490/value.v2i2.219
Sulaeman, M. M. (2020). Sosialisasi kewirausahaan dalam upaya peningkatan UMKM Desa Palangan Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat, 2(01). https://doi.org/10.30736/jab.v2i01.34
Widiati, A. (2020). Peranan kemasan (packaging) dalam meningkatkan pemasaran produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), 8(2). https://doi.org/10.26418/jaakfe.v8i2.40670
Widyaningtyas, I., & Rahmawati, F. (2021). Dampak serta strategi UMKM saat pandemi Covid-19 di Kabupaten Sidoarjo. Ekonomi dan Bisnis, 8(1). https://doi.org/10.35590/jeb.v8i1.2860