UPAYA PENGAWASAN DINAS KESEHATAN KOTA MAKASSAR TERHADAP JAJANAN BERBASIS ONLINE

Nur Hidayah, Jamil Resa

Sari


Berkembangya ekonomi digital yang menyebabkan terjadinya perubahan pola berbelanja masyarakat, tidak dapat dipungkiri seiring memasuki era revolusi 4.0. Hal ini juga berdampak pada bisnis kuliner. Bisnis Kuliner yang berbasis online menjadi salah satu bisnis yang berkembang khususnya di kota-kota besar tidak tekecuali di Makassar. Hal ini di sebabkan karena bisnis melalui media online bisa dilakukan dengan modal terbatas sekalipun. Dalam situasi seperti ini pemerintah melalui kementrian kesehatan tentunya mempunyai tugas untuk mengawasi peredaran makanan yang dijajakan secara online seperti yang telah diamanatkan oleh Undang-undang. Berdasarkah hasil penelitian yang telah dilakukan di kantor dinas Kesehatan Kota Makassar, BPOM Kota Makassar dan Kantor cabang Gojek dan Grab sebagai perusahan yang menyediakan fitur jajanan online pada aplikasinya maka dapat disimpulkan bahwa saat ini pengawasan dinas kesehatan kota Makassar terhadap jajanan yang terdaftar sebagai mitra gojek ataupun Grab belum diawasi secara langsung. Hal ini disebabkan karena Dinas Kesehatan Kota Makassar belum mempunyai kerja sama dengan pihak perusahan Grab ataupu Gojek sebagai perusahaan penyedia jajanan berbasis online.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad Miru dkk, Hukum Perlindungan Konsumen, Jakarta, Raja Grafindo Persada 2011

Burhanuddin, Pemikiran Hukum Perlindungan Konsumen dan Sertifikasi Halal, UIN-MALIKI PRESS. Malang, 2011

Andika Wijaya. 2016. Aspek Hukum Bisnis Transportasi Jalan Online. Sinar Grafika, Jakarta Timur. H.17.

Edy Nurcahyo, 2018, “Pengaturan dan Pengawasan Produk Pangan Olahan Kemasan”, Jurnal Magister Hukum Udayana Vol. 7, No. 3

Rr. Lulus Prapti NSS, Rahoyo. 2018. Dampak Bisnis Kuliner melalui Go Food Bagi Pertumbuhan Ekonomi di Kota Semarang. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, Volume 20. H.122.

https://www.grab.com dan https://www.gojek.com

https://www.kanalinfo.web.id/pengertian-kuliner

Katadata.co.id dengan judul "Layanan Pesan Antar Go-Food dan GrabFood Ubah Perilaku Konsumen" , https://katadata.co.id/berita/2019/02/07/layanan-pesan-antar-go-food-dan-grabfood-ubah-perilaku-konsumen




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/hermeneutika.v5i1.4912

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


execute(); ?>