Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Formal Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII Dalam Mata Pelajaran IPS di Smp Negeri1 Lemahabang Kabupaten Cirebon

Sugeng Muslimin, Septian Kurnia

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mencari dan melihat ada tidaknya pengaruh antara latar belakang pendidikan formal orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII dalam mata pelajaran IPS di SMP N 1 Lemahabang kab. Cirebon tahun pelajaran 2016/2017. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, sedangkan desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain survey cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII yang berjumlah 317, dengan sampel sebanyak 76 peserta didik. Dimana teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling.  Istrumen yang digunakan dokumentasi dan angket, sedangkan uji yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis univariate dan analisis bivariate dengan regresi linier sederhana menjawab hipotesis.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa tidak terdapat pengaruh atau secara statistik dikatakan hipotesis H0 gagal ditolak, hal tersebut bisa dilihat dari dari nilai  =  - 0,427 <  = 1,992, maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu “Terdapat pengaruh yang signifikan latar belakang pendidikan formal orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII dalam mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Lemahabang†ditolak. Oleh karena hasil penelitian berbeda dengan teori dan penelitian sejenis yang telah dilakukan, maka peneliti berasumsi bahwa latar belakang pendidikan formal orang tua kurang kuat untuk bisa mempengaruhi motivasi belajar pada peserta didik kelas VIII di SMP N 1 Lemahabang. Saran yang diberikan peneliti jika akan melakukan penelitian sejenis hendaknya menambahkan faktor lain untuk bisa mempengaruhi motivasi belajar dengan kuat.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Keempat). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Fuad. I. (2013). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah. B. U. (2015). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. M. A. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Imam. G. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jalaludin. R. (2012). Metode Penelitian Komunikasi Dilengkapi Contoh Analsis Statistik. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Koran Sindo.com. (2016). Perpusnas Budayakan Gemar Membaca. (Online). Tersedia: (http://www.koran-sindo.com/news.php?r=5&n=91&date=2016-04-23, diakses 13 Mei 2016).

Nini, dkk. (2012). Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka.

Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. A. M. (2014). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sindonews.com (2016). Tingkat Pendidikan Rendah Hambat Produktivitas di Tanah Air. (Online). Tersedia:

(http://ekbis.sindonews.com/read/1095367/34/tingkat-pendidikan-rendah-hambat-produktivitas-di-tanah-air-1458749204, diakses 11 Mei 2016).

Soekidjo N. A. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sri W. (2013). Gambaran Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Perawat Pada Pasien Pre Operasi di Ruang Rawat Bedah RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan. Skripsi pada Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang. (Online). Tersedia: (http://digilib.unimus.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jtptunimus-gdl-sriwinarti-7656, diakses 13 Mei 2016 ).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi. A. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Umar. T. (2012). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/ejpe.v5i1.934

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>