Pengembangan Bahan Ajar BIPA dalam Perspektif Etnografi Komunikasi

Galih Kusumo, Agnes Herlina Dwi Hadiyanti

Sari


Abstrak. Dalam pengembangan bahan ajar BIPA, pengajar perlu juga melihat bagaimana bahasa tersebut digunakan dalam konteks lingkungan situasi sosial yang sesungguhnya. Bahasa menjadi inti dari komunikasi sekaligus sebagai pembuka realitas bagi manusia dan manusia membentuk kebudayaannya dan masyarakat melalui komunikasi. Untuk dapat mewujudkan hal-hal tersebut dalam bahan ajar, pengajar perlu memperhatikan beberapa faktor seperti analisis kebutuhan, perumusan tujuan pembelajaran, pelacakan latar belakang budaya siswa BIPA, dan identifikasi kemampuan berbahasa siswa BIPA. Dalam pemilihan bahan pembelaran, pengajar perlu memilih bahan-bahan yang otentik dan berorientasi pada budaya. Hal tersebut akan membantu siswa BIPA untuk mampu memahami dan mampu mempraktikkan berbagai pola komunikasi dalam suatu masyarakat dengan baik dan benar.

Kata Kunci: Bahan Ajar, Etnografi Komunikasi, BIPA


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Byram, M., and K, Risager. 1999. Language teachers, politics and cultures. Clevedon, UK: Multilingual Matters.

Choo, Serena S. Y., jerome I. Rotgans, Elaine H. J. Yew, dan Henk G. Schmidt. 2011. Effect of Worksheet Scafoolds on Student Learning in Problem-Based Learning. Advances in Health Sciences Education. Vol. 16, Issue 4.

Cook, Vivian. 2008. Secong Language Learning and Language Teaching. Edisi keempat. London: Hodder Education.

Fannil Kher, D. 2022. Students’ Interest in Learning English: A Need Analysis for Teaching Large English Classes. Lectura : Jurnal Pendidikan, Vol. 13 No. 1, 55-64.

Firdiansyah, Andang, Andayani, dan Supriyadi Slamet. 2018. Penerapan Visi-Misi Program BIPA sebagai Wujud Internasionalisasi Bahasa Indonesia: Studi Kasus di UPT Pelayanan dan Pengembangan Bahasa Universitas Sebelas Maret Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidian Bahasa dan Sastra Indonesia. Dipresentasikan di Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Medan: Universitas Negeri Medan.

Hulme, Kukulska Agnes. 1999. Language and Communication: Essential Concept for User Interface and Documentation Design. New York: Oxfor University Press.

Kuswarno, Engkus. 2008. Etnografi Komunikasi: Suatu Pengantar dan Contoh Penelitiannya. Bandung: Widya Padjajaran.

Lightbown, Patsy M dan Nina Spada. 1999. How Language Are Learned (Revised Edition). Oxford : Oxford University Press.

Muliastuti, Liliana. 2010. Pengembangan Materi Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Disampaikan dalam konfrensi Internasional Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing, 29-30 Juli 2010 di Universitas Indonesia.

Munby. 1978. Communicative Syllabus Design. Cambride: Cambridge University Press

Ommagio, Alice. C. 1986. Teaching Language in Context. Boston: Heinle & Heinle.

Parikh, Prashant. 2001. The Use of Language. Stanford: CSLI Publication.

Prastowo, Adi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Scarino, Angela dan Anthony J Liddicoat. 2009. Teaching and Learning Languages: A guide. South Vic.: Curriculum Corporation.

Schiffrin, Deborah. 2007. Ancangan Kajian Wacana. Editor: Abdul Syukur Ibrahim. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sularti, Drajati, Nur Arifah Drajati, dan Supriyadi, Slamet. 2019. Students’ Needs Analysis On Learning Of The English Listening Skills In Vocational High School. Paper presented at 3rd English Language and Literature International Conference (ELLiC). Semarang: Universitas Muhamadiyah Semarang.

Suyitno, Imam. 2010. Pengembangan Materi Pembelajaran BIPA Berdasarkan Tujuan Pelajar Asing. Malang: Universitas Negeri Malang.

Suyitno, Imam. 2017. Pemahaman budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. Diunduh dari https://www.researchgate.net/profile/Imam_Suyitno/publication/ 315456935_pemahaman_Budaya_dalam_Pembelajaran_Bahasa_Indonesia_Bagi_Penutur_Asing_BIPA/links/58d0cbb692851c8841c2acaf/Pemahaman-Budaya-dalam-Pembelajaran-Bahasa-Indonesia-Bagi-Penutur-Asing-BIPA.pdf .

Zakiah, Kiki. 2008. Penelitian Etnografi Komunikasi: Tipe dan Metode. Jurnal Mediator. Vol. 9 No.1.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/deiksis.v9i2.7097

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Laman Deiksis: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Deiksis

Deiksis memiliki p-ISSN 2355-6633 dan e-ISSN 2548-5490

execute(); ?>