Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Youtuber Eropa pada Tataran Linguistik

Helmi Muzaki, Nudiyalista Khusna, Elzahra Adelia Putri, Rizka Amalia Putri, Sindi Melinda, Awal Ciptaning Kanugrahan, Auditiya Probo Larasati

Sari


Abstrak. Analisis kesalahan berbahasa pada penutur asing sangat penting untuk dilakukan karena dengan mengetahui kesalahan berbahasa bisa memahami proses pemerolehan bahasa kedua dan membantu memperbaiki kesalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan kesalahan penutur asing dari benua Eropa berdasarkan linguistik, yaitu fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisis dalam penelitian ini    melalui 4 tahap yaitu:  (1) menentukan sampel, (2) mengidentifikasi kesalahan, (3) mendeskripsikan kesalahan, dan (4) menjelaskan kesalahan  (Ellis, 1994)  Sumber data yang digunakan adalah video unggahan para penutur asing dari benua Eropa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya bervariasi kesalahan berbahasa penutur asing benua Eropa. Pada tataran fonologi, yaitu penambahan, penggantian, pengurangan serta penghilangan fonem di awal, tengah, dan akhir kata. Pada tataran morfologi, yaitu ketidaktepatan penggunaan prefiks, penghilangan prefiks, penghilangan konfiks, dan penghilangan kombinasi afiks. Pada tataran sintaksis, yaitu kesalahan penyusunan frasa, kalimat tidak berpredikat, penghilangan konjungsi, dan penjamakan ganda. Pada tataran semantik, yaitu pemilihan diksi yang kurang tepat. Hasil penelitian juga menunjukkan kesalahan berbahasa terbanyak yang dilakukan oleh penutur dari benua Eropa adalah kesalahan pada tataran fonologi.

 

Kata kunci: kesalahan berbahasa, Bahasa Indonesia, Youtuber Eropa


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adnyana, I. A., & Suryaniadi, Negeri Bali. Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 27–35.

Agustina, T., & Oktavia, W. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Bahan Ajar Kelas Menyimak Program BIPA IAIN Surakarta. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 146–156.

Aji, A. B., Istikhomah, E., Al Majid, M. Z. Y., & Ulya, C. (2021). Analisis kesalahan berbahasa tataran semantik pada berita daring laman sindonews.com. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 2(2), 65–70. https://doi.org/10.26555/jg.v2i2.3290

Anjarsari, N. (2012). Analisis Kesalahan Pemakaian Bahasa Indonesia Dalam Karangan Mahasiswa Penutur Bahasa Asing di Universitas Sebelas Maret.

Atikah. (2020). Kesalahan Berbahasa Indonesia Di Ruang Publik Kota Indonesian Language Errors in the Public Room of Cirebon City Based on Spelling Code and the Linguistic. Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMANTIKS) 2020, 174–187. https://jurnal.uns.ac.id/prosidingsemantiks/article/view/44962

Budiawan, R. Y. S, & Rukiyati. (2018). Kesalahan Bahasa dalam Praktik Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Universitas PGRI Semarang Tahun 2018. Jurnal Kredo. Vol. 2 (1). https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/view/2428

Chaer, Abdul. (2009). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. (2012). Linguistik Umum. Jakarta : Rineka Cipta.

Dulay, H. Burt and Krashen S. (1982). Language Two. New York: Oxford University Press.

Ellis, R. (1994). The Study of Second Language Acquisition by Rod Ellis (1994) Oxford: Oxford University Press (hal. 824).

Faraj, S. J. H., & Karim, A. (2020). Linguistic Errors in second language learning through Error Analysis theory. Journal of the College of Languages, 4(1), 199–223.

Herniti, E. (2017). Kesalahan Berbahasa Indonesia Tulis pada Mahasiswa Thailand (Studi Atas Pembelajar BIPA di PPB UIN Sunan Kalijaga). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 18(1), 5–24.

Himawan, R., Fathonah, E. N., Heriyati, S., & Maslakhah, E. N. I. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Semantik pada Karangan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII A SMPIT Ar-Raihan Kabupaten Bantul. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 10(1), 1–9.

Inderasari, E., & Agustina, T. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Mahasiswa Asing dalam Program BIPA IAIN Surakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 6–15. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/24018

Irawansyah. (2017). Received : 12 th September 2017 ; Revised : 15 th November 2017 ; Accepted : 28 th Desember 2017. Indonesian Journal of English Education, 4(September), 120–129. https://doi.org/10.15408/ijee.v4i2.5972

Irmawati, E., Putri, N., Sari, I., Kusumahastuti, P. A., & Surakarta. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi Dan Ejaan Pada Judul Youtube Di Channel Baim Paula. Diglosia : Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 4(2), 277–289. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/dl/article/view/2124

James, C. (1998). Kesalahan dalam Pembelajaran dan Penggunaan Bahasa: Menjelajahi Analisis Kesalahan. London: Longman.

Koni, E., & Leka, H. (2015). Error correction in second language learning. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(3), 174–177. https://doi.org/10.5901/mjss.2015.v6n3s1p174

Kuncara, Y. A., Asyania, R. R., Yudhistira, G. L., Armelinda, D., & Dahlan, U. A. (2020). Analisis kesalahan berbahasa dalam tataran semantis pada infografis akun instagram uad. Jurnal Parafrasa: Bahasa, Sastra Dan Pengajaran, 2(2), 41–46.

Kusuma, E. R. (2018). Kesalahan Semantik dalam Tuturan Mahasiswa Asal Thailand. Metalingua, 2(3), 69–76. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/metalingua.v3i2.7036

Lathifah, N. R., Anggita, F. D., & Rosianingsih, S. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Tataran Fonologi Pada Kanal Youtube “Mas Bas-Bule Prancis.†Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 91. https://doi.org/10.31000/lgrm.v10i1.4094

lobo, J. O. (2015). Error identification , analysis and correction in second Language ( L2 ) teaching and Learning. 632–636.

Maharani, D., Septianingsih, N. A., & Putri, R.S. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi Pada Grup Band Korea Selatan Super Junior. Jurnal Bahasa. Vol. 10 (2). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/view/26599/16380

Mahliga, E. N., Sumadi, & Susilowati, N. E. (2021). Kesalahan Sintaksis pada Teks Tanggapan Kelas IX B SMPN 12 Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(5), 683–695. https://doi.org/10.17977/um064v1i52021p683-695

Muchti, A. (2019). Kesalahan Sintaksis Tulisan Mahasiswa Asing Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Bina Darma. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 11(2), 99–108. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v11i2.222

Nur’aini, H. I. M. (2019). Error Analysis Speaking on Foreign Speakers: Case Study of Brazilian Youtuber. Hortatori : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Vol 1(2), 165–168. https://doi.org/10.30998/jh.v1i2.52

Oktavia, W. (2019). Semantik Ragam Makna pada Judul film Azab di Indosiar. Jurnal Caraka. Vol. 5 (2) :133–140. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/caraka/article/view/3179

Rajab, A., Darus, S., & Aladdin, A. (2016). An investigation of Semantic Interlingual Errors in the Writing of Libyan English as Foreign Language Learners. Arab World English Journal, 7(4), 277–296. https://doi.org/10.24093/awej/vol7no4.18

Ramadan, S. (2015). Morphological Errors Made By Jordanian University Students. Romanian Journal of English Studies, 12(1), 40–49. https://doi.org/10.1515/rjes-2015-0006

S. M. (2020). Kajian Kesalahan Pemelajar BIPA dalam Praktik Menulis di Politeknik Adityarini, I. A. P. , Pustika, I. W., & Sedeng, I. N. (2020). Interferensi Fonologi Pada Pembelajaran BIPA Eropa di Bali. Aksara. Vol. 32 (1) 167-186. https://aksara.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/aksara/article/view/409/pdf

Sa’adah, F. (2012). Analisis Kesalahan Berbahasa dan Peranannya dalam Pembelajaran Bahasa Asing. Wahana Akademika, 14(1), 1–29.

Sari, K., Joko Nurcahyo, R., & Kartini. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Majalah Toga Edisi Iii Bulan Desember Tahun 2018. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 11–23. https://doi.org/10.22236/imajeri.v2i1.5073

Sasmining, A. D., Setyawati, N., & Indrariani, E. A. (2020). Kesalahan Morfologi dan Sintaksis dalam Surat Edaran tentang Pandemi Covid-19. PROSIDING SEMINAR LITERASI V.

Setyawati, N. (2010). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Siagian, E. N. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa (Tulis) Mahasiswa BIPA Tingkat Lanjut Universitas Yale, USA. FKIP E-PROCEEDING, 11–22. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4849

Sompong, M. (2014). Error Analysis. Thammasat Review, 16(2), 109–127. https://doi.org/10.1017/9781108685306.003

Uswati, T. S., & Nuryanto, T. (2018). Kesalahan Sintaksis Pada Skripsi Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Indonesian Language Education and Literature, 4(1), 1. https://doi.org/10.24235/ileal.v4i1.1880

Wahyuni, S. (2020). “Analisis Kesalahan Sintaksis Pada Karangan Narasi Siswa Kelas VII A SMP Negeri 8 Palu.†Jurnal Bahasa Dan Sastra, Volume 5 N((Diakses pada tanggal 18 Mei 2021)), 20–32.

Wiyanti, E. (2018). kesalahan sintaksis pada karangan eksposisi siswa SMP 254 Jakarta. 12, 67–87.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/deiksis.v9i2.6908

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Laman Deiksis: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Deiksis

Deiksis memiliki p-ISSN 2355-6633 dan e-ISSN 2548-5490

execute(); ?>