Penyusunan Program Pembelajaran Individu Pada Pembelajaran Bahasa Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Keleyan Bangkalan Madura

Mixghan Norman Antono, Abdul Rosyid

Sari


Abstrak. Program pembelajaran individu merupakan bentuk upaya untuk memberikan pembelajaran yang maksimal bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Dalam bidang Bahasa, program pembalajaran ini dapat memfasilitasi ABK dalam proses pembelajaran Bahasa sesuai dengan usia pemerolehannya. Oleh karena itu, artikel ini berfokus pada penyusunan program pembelajaran Bahasa yang didesain dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dengan beberapa tahapan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan desain studi lapang. Hasil penelitian ini menunjukan dengan disusunnya program pembelajaran individu pada pembelajaran Bahasa menjadikan pembelajaran keterampilan berbahasa tidak tumpang tindih karena menyajikan program yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik ABK

Kata kunci: Pembelajaran Individu, Inklusi, Bahasa


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chairunnisa, Connie. 2016. Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Dardjowidjojo, Soenjono.2014. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Unika Atma Jaya Press

Direktorat Pembinaan SLB. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Inkulsif. Jakarta

Creswell, JW. 2010. Research Design: Pendekatakan kualitatif, kuantitaif, dan mixed. Sabran B penerjemah: Maulana A. Hardani W., editor . Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Terjemahan dari Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approach.

Garnida, Dadang. 2015. Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung: Refika Aditama

Kompasiana. 2017. Pro Kontra Pendidikan Inklusi (online). Tersedia padahttp://www.google.co.id/amp/s/www.kompasiana.com/amp/usfitriyah/59aa9d0418112a07ff097132/pro-kontra-pendidikan-inklusi. Diakses pada tanggal 12 Mei 2020.

Mahsun. 2014. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, metode, dan Tekniknya.Jakarta: Rajawali Press.

Rustemier, S. 2002. iInclusion Information Guide. (online). Tersedia pada http://inclusion.uwe.ac.uk/csie/inclusiongude.htm. Diakses pada tanggal 12 Mei 2020.

Stubbs, S. 2002. Inclusive Education: Where There Are Few Resources. Oslo: Atlasalia




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/dj.v8i1.4863

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Laman Deiksis: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Deiksis

Deiksis memiliki p-ISSN 2355-6633 dan e-ISSN 2548-5490

execute(); ?>