Disparitas Gender dalam Penggunaan Istilah pada Kosakata Budaya Masyarakat Melayujambi di Provinsi Jambi

Ernanda Ernanda, Dwi Rahariyoso, Julisah Izar

Sari


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap konstruksi linguistik dan penggunaan istilah yang memuat disparitas gender yang telah menyatu dengan sistem kognitif, budaya, dan menjadi kebiasaan yang diekspresikan di dalam masyarakat. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnolinguistik. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara dan pengamatan. Metode wawancara digunakan untuk meninjau kembali apakah data bahasa yang berupa kosakata budaya berupa istilah dalam masyarakat MelayuJambi yang dirujuk pada Kamus MelayuJambi benar adanya. Sedangkan, metode pengamatan digunakan untuk melihat apakah istilah pada kosakata budaya tersebut masih berfungsi dan digunakan dalam tindak komunikasi serta dalam aktivitas budaya di tengah masyarakat MelayuJambi. Adapun hasil dalam penelitian ini menunjukkan adanya 20 istilah dalam kamus Kamus MelayuJambi yang mengandung disparitas gender yang benar adanya dan kosakata dengan jenis-jenis istilah tersebut masih populer dan masih digunakan di kalangan masyarakat Jambi.

Kata kunci: disparitas gender, penggunaan istilah, Masyarakat MelayuJambi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adriana, Iswah. 2012. Bahasa dan Gender: Antara Dominasi dan Subordinasi(Sebuah Kajian Sosiolinguistik).Jurnal Okara, II Tahun 7.

Faraz, Nahiyah Jaidi. 2013. Makalah Penelitian Perspektif Gender. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Fakih, Mansour 2013. Analisis Gender & Transformasi Sosial. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Gin, Ooi Keat (Ed.). 2004. Southeast Asia: A historical encyclopedia, from Angkor Wat to East Timor. Santa Barbara, California: ABC Clio.

Huda, Nuril, Aliyah A. Rasyid, Pujiati Suyata, dan Sumarno. 2013. Pengembangan Model Penelitian Perspektif Gender.Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Tahun 17 Nomor 2.

Kamus Kosakata Budaya Jambi yang disusun oleh Kantor Bahasa Jambi edisi kedua (2015).

Katubi. 2004. Studi Bahasa dan Jender: Sejarah Singkat, Ancangan, dan Model Analisis.Jurnal Masyarakat dan Budaya, Vol.VI(1).

Muhajir, Noeng. 1990. MetodologiPenelitianKualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Mulia, Siti Musdah. 2004. Islam Menggugat Poligami. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. (Cetakan I).

Showalter, Elaine (Ed.). 1983. Speaking of Gender. New York & London: Routledge.

Wibowo, Prasetyo Adi Wisnu. 2012. Bahasa dan Gender.Jurnal Lite, Vol. 8(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/dj.v8i1.4391

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Laman Deiksis: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Deiksis

Deiksis memiliki p-ISSN 2355-6633 dan e-ISSN 2548-5490

execute(); ?>