Transformasi Novel Arini Karya Mira W Ke Dalam Film Arini Karya Sutradara Ismail Basbeth

Erlinawati Erlinawati, Nensilianti Nensilianti, Hajrah Hajrah

Sari


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk penciutan, penambahan, dan perubahan variasi yang muncul dari transformasi novel ke film Arini Masih Ada Kereta yang akan Lewat  berdasarkan kajian ekranisasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah novel Arini Masih Ada Kereta yang akan Lewat karya Mira W dan film Arini Masih Ada Kereta yang akan Lewat karya sutradara Ismail Basbeth. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karya sastra mampu melakukan transformasi ke media baru yakni media film. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca, teknik catat dan teknik dokumentasi. Data pada penelitian ini dianalisis, menbaca, mengidentifikasi, membandingkan unsur intrinsik yang ada pada novel dan film. Transformasi adalah perubahan, yaitu perubahan terhadap suatu hal atau keadaan. Jika suatu hal atau keadaan yang berubah itu adalah budaya, budaya itulah yang mengalami perubahan.

Kata Kunci: novel, film, ekranisasi, transformasi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adi, I.R. (2016). Fiksi populer teori dan metode kajian. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Damono, SapardiDjoko. 2012. AlihWahana. Jakarta: Editum

Eneste, Pamusuk. 1991. Novel dan film. Nusa Indah. Flores

J.Moleong, Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Karkono. 2009. Perbedaan makna novel dan film Ayat Ayat Cinta: Kajian Ekranisasi. ATAVISMF, Vol. 12 No. 2, 167-180. DOI: 10.24257/atavisme.v12i2.168. 167-180

Meilinda, Resky. 2018. Alih Wahana Struktur Faktual Novel Surga Yang Tak Dirindukan 2 Karya Asma Nadia ke Film Surga Yang Tak Dirindukan 2 Karya Hanung Bramantyo. SKRIPSI. FBS. UNM.

Mira W. (2018). Arini masih ada kereta yang akan lewat. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Oktayani, A, dkk.2017. Transformasi Makna Simbolik Mirharb pada Novel ke Film dalam Mirhab Karya Habiburrahman E Shirazy. Jurnal Sastra Indonesia.Vol. 6 No. 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/deiksis.v7i2.4267

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Laman Deiksis: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Deiksis

Deiksis memiliki p-ISSN 2355-6633 dan e-ISSN 2548-5490

execute(); ?>