Eksistensi Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas

Nana Triana Winata, Jasril Jasril

Sari


Abstrak. Sebagian Sekolah Menengah Atas (SMA) khususnya di SMAN 1 Sindang banyak menggunakan bahasa Inggris pada papan pengumuman atau imbauan yang ada di sekolah. Menurut Perpres Nomor 63 Tahun 2019 Pasal 23 mengenai Bahasa pengantar dalam pendidikan nasional, dalam lingkungan pendidikan harus menggunakan bahasa Indonesia baik secara lisan atau tulisan. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui eksistensi penggunaan bahasa Indonesia ragam tulis pada slogan, papan pengumuman, dan kata imbauan yang ada di SMAN 1 Sindang; dan (2) Pembinaan penggunaan bahasa Indonesia di SMA. Eksistensi bahasa Indonesia masih kalah dengan penggunaan bahasa Inggris ragam tulis yang ada di sekolah tersebut. Seperti halnya, penggunaan kata “class” pada papan pengumuman yang menunjukkan ruangan belajar yang ada di sekolah tersebut, seharusnya sesuai dengan Perpres Nomor 63 Tahun 2019 Pasal 23 tentang Bahasa pengantar dalam pendidikan nasional. Setiap sekolah harus menggunakan bahasa Indonesia, baik ragam lisan dan ragam tulis, semua pengumuman secara tertulis harus menggunakan bahasa Indonesia. Oleh karena itu, untuk penulisan kata “class” harus menggunakan bahasa Indonesia yaitu “kelas”.

 

Kata kunci: Eksistensi Bahasa Indonesia, kualitatif


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alwi, Hasan. 2003. “Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia”. Jakarta: Balai Pustaka.

Arifin, E. Zaenal, dkk. 2017. “Pembinaan dan Pengembangan Bahasa: Pada Era Teknologi Informasi”. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Creswell, John W. 2015. “Penelitian Kualitatif & Desain Riset”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moeliono, Anton M. 1981. “Pengembangan dan Pembinaan Bahasa: Ancangan Alternatif di dalam Perencanaan Bahasa”. Jakarta: Djambatan.

Putri, Ria Anggari. 2018. “Peranan dan Penggunaan Bahasa Gaul terhadap Eksistensi Bahasa Indonesia di Media Sosial”. Prosiding Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Era Milenial. Universitas Pakuan.

Rizali, Ahmad, dkk. 2009. “Dari Guru Konvensional Menuju Guru Profesional”. Jakarta: PT Grasindo.

Sugiarto, Eko. 2017. “KITAB PUEBI-Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia”. Yogyakarta: ANDI.

Sugiyono. 2017. “Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development”. Bandung: Alfabeta.

Umar, Fatmah AR. 2011. “Eksistensi Bahasa Indonesia di Sekolah Berstandar Internasional (SBI). Dalam Prosiding Bahasa dan Sastra Indonesia (Konservasi dan Pendidikan Karakter). Universitas Negeri Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/dj.v8i1.4227

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Laman Deiksis: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Deiksis

Deiksis memiliki p-ISSN 2355-6633 dan e-ISSN 2548-5490

execute(); ?>