Kajian Kesalahan Pemelajar BIPA dalam Praktik Menulis di Politeknik Negeri Bali

Ida Artha Adnyana, Sagung Mas Suryaniadi

Sari


Abstrak. Kemampuan menulis pemelajar BIPA, sangat dibutuhkan sebagai bagian dari kemahiran berbahasa Indonesia.  Saat ini kemampuan menulis pemelajar BIPA di Politeknik Negeri Bali masih kurang memadai.  Untuk meningkatkan kemampuan menulis   diperlukan metode  pengajaran yang tepat. Penggunaan metode berbasis teks dirasa tepat oleh para pengelola pengajaran BIPA dan dibuatlah buku ajar khusus untuk pemelajaran menulis dengan menggunakan pendekatan  berbasis teks. Artikel ini membahas beberapa kesalahan pemelajar BIPA dalam praktik menulis dengan menggunakan pendekatan menulis berbasis teks tersebut, baik menyangkut proses menulisnya maupun produk tulisan yang dihasilkannya.      Pengumpulan  data  penelitian  dilakukan dengan observasi, wawancara, dan kuesioner  kepada 17 pemelajar BIPA tahun 2018/2019. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan metode agih (distribusional) dengan mengacu pada profil kemampuan menulis (ESL composition profile). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar pemelajar belum memahami secara baik metode menulis.  Produk tulisan yang dihasilkan juga masih banyak terdapat kesalahan terutama pada isi, organisasi, dan kebahasaan. Dari  hasil analisis  juga dapat  disimpulkan  bahwa   rata-rata kemampuan menulis pemelajar BIPA dengan menggunakan model pemelajaran berbasis teks sudah berada pada kategori baik dengan   nilai rata-rata 74.  Kisaran tingkat keterbacaan (fog index) antara 10-14 dengan rata-rata 12,02.  Ini berarti model dan aplikasi metode menulis berbasis teks cukup membantu dalam meningkatkan pemelajaran menulis.

Kata kunci: kesalahan menulis, teks, pemelajar BIPA

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adnyana, Artha. (2011). “Pendekatan Kontekstual dalam Pengajaran Tata Bahasa BIPA.†Jurnal Aksara XXIII (38), 98-108.

Alwasilah, A. C dan Senny, S.A. (2007). Pokoknya Menulis. Bandung: Kiblat.

Blake, Robert J. (201)1. â€Current Trends in Online Language Learning.†Annual Review of Applied Linguistics 31:19-35.

Emilia, Emi. (2017). “Jenis-jenis Teksâ€. Makalah disajikan pada Bimtek Pengajar BIPA di Bogor pada tanggal 17-20 September 2017.

Glover, John A. dan Burning, Roger H. (1990). Educational Psychology: Principles and Applications. USA: Harper Collins Pubplishers.

Hernowo. (2004). Quantum Writing. Bandung: Mizan Learning Center.

Hull, Glynda Ann. (1989). “Research on Writing: Building a Cognitive and Social Understanding of Composing.†Dalam Toward the Thinking Curriculum: Current Cognitive Research, disunting oleh Laurent B. Resnick dan Leopold E. Klopfer. USA: ASCD.

Rahman, Md. Momtazun, Thang Siew Ming, Mohd Sallehhundin Abd Aziz, dan Norizan Abdul Razak. (2009). â€Need Analysis for Developing an ESP Writing Course for Foreign Postgraduates in Social and Technology at National University of Malay.†AESP 5 (2):34-59.

Squire, James E. (1987). “Tracing the Development of Writing.†Dalam Reading and Writing Connections, disunting oleh Mason, Jana M. UK: Allyn and Bacon.

Tao Shi dan Zenon J.Pudlowski. (1998). “A Theoretical Model for Content Analysis in the Development of Hipermedia—Assisted Learning Material.†Global Journal of Engineering Education 2 (2).

White, Ronald V. (1987). “Approach to Writing.†Dalam Methodology in TESOL, disunting oleh Michael H. Long dan Richards, Jack C. New York: Newbury House Publishers.

Wyatt, Mark. (2011). â€Becoming a Do-It-Yourself Designer of English Language Teaching Materials. Forum Qualitative Social Research 12 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/deiksis.v7i1.2583

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Laman Deiksis: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Deiksis

Deiksis memiliki p-ISSN 2355-6633 dan e-ISSN 2548-5490

execute(); ?>