Implementasi Authoritative Parenting Dalam Mereduksi Perilaku Nomophobia Pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.33603/02r9d592Keywords:
Authoritative Parenting, Nomophobia, Siswa Sekolah DasarAbstract
Penggunaan gadget yang berlebihan pada anak sekolah dasar mengakibatkan banyak dampak negatif, salah satunya adalah potensi mengalami Nomophobia. Nomophobia saat ini menjadi masalah yang dialami oleh anak sekolah dasar. Orang tua memiliki peran yang penting dalam membantu anak-anak mengatasi masalah ini. penelitian ini memiliki urgensi yang penting karena dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana pengasuhan authoritative dapat membantu mengurangi perilaku nomophobia pada anak-anak. Penelitian ini akan menggunakan pendekatan quasi-eksperimental dengan desain pretest-post-test control group. Subjek penelitian adalah orang tua siswa sekolah dasar dan anak-anak mereka yang terindikasi mengalami perilaku nomophobia. Data yang dikumpulkan akan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Analisisnya menunjukkan bahwa penampilannya masih bagus. Skor yang tinggi menunjukkan bahwa tingkat nomophobia tidak berubah secara signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa siswa dengan Authoritative Parenting mampu mengontrol bagaimana mereka menggunakan teknologi, mencegah mereka menimbulkan kecemasan saat mereka tidak berada di dekatnya.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 caruban

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.